Sulit Mengingat Wajah Seseorang? Mungkin Anda Alami Masalah Ini

Biasanya, ketika seseorang baru kenalan dengan orang baru, yang pertama kali diingat adalah wajahnya. Sementara, nama orang tersebut cenderung terlupakan. Namun, ada juga orang yang justru tidak bisa mengingat wajah sama sekali, lho. Bahkan hal ini termasuk masalah kesehatan yang disebut dengan prosopagnosia. Prosopagnosia adalah sebutan bagi orang yang ‘buta wajah’. Apakah Anda termasuk orang yang susah mengenali wajah seseorang? Simak berbagai gejala dan penyebab dari gangguan ini.

Apa itu prosopagnosia?

Prosopagnosia adalah suatu kelainan sistem saraf yang ditandai dengan sulitnya mengenali wajah. Prosopagnosia adalah istilah yang berasal dari bahasa Yunani. ‘Prosop’ memiliki arti wajah dan ‘agnosia’ yang berarti ketidaktahuan.

Tingkat keparahan prosopagnosia sangat beragam. Jika sudah parah sekali, pengidapnya tidak dapat mengenali wajah orang-orang terdekatnya meski sering dilihat setiap hari. Bahkan hingga tidak dapat mengingat wajahnya sendiri.

Apa penyebab prosopagnosia?

Ada dua jenis utama dari prosopagnosia yaitu developmental prosopagnosia yang terjadi tanpa adanya trauma pada otak. Sementara acquired prosopagnosia terjadi karena adanya trauma pada otak, kecelakaan, hingga stroke. 

1. Developmental Prosopagnosia 

Orang yang mengalami ini biasanya tidak memiliki kemampuan untuk mengenali wajah dari lahir. Selain itu, ia juga mungkin tidak menyadari kondisinya sendiri, bahwa ia tidak memiliki kemampuan mengingat wajah.

Penyakit ini lebih sering dikaitkan dengan kelainan genetik yang menurun dalam keluarga.

2. Acquired Prosopagnosia

Acquired prospagnosia adalah kesulitan mengingat wajah akibat adanya trauma pada otak sebelumnya. Berbeda dengan jenis yang pertama, orang dengan acquired prosopagnosia ini akan langsung menyadari kelainan tersebut. 

Kondisi ini terjadi akibat rusaknya bagian girus fusiformis, yaitu area otak yang mengatur memori untuk mengingat wajah. Namun, perlu diingat bahwa prosopagnosia adalah kelainan yang membuat seseorang sulit mengingat wajah, bukan hilang ingatan atau bahkan gangguan saraf lain.

Jadi, orang yang menderita kondisi ini tetap memiliki ingatan yang baik terkait pengalaman atau peristiwa yang pernah dialaminya.

Bagaimana mendiagnosis prosopagnosia?

Jika memang Anda merasa tiba-tiba sulit mengingat wajah seseorang, apalagi baru saja mengalami trauma tertentu, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ahli saraf. Untuk mendiagnosis penyakit ini, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan awal. Misalnya dengan memberikan Anda beberapa gambar wajah untuk dihafalkan kemudian Anda diminta untuk mengingatnya kembali.

Anda juga dapat diberikan gambar-gambar tokoh terkenal untuk dikenali ataupun membandingkan dua gambar wajah untuk dicari persamaan dan perbedaannya. Beberapa tes lain yang dapat dilakukan misalnya Benton Facial Recognition Test (BFRT) dan Warrington Recognition Memory of Faces (WRMF).

Selain itu, para ahli juga menyarankan untuk tidak melakukan tes sendiri melalui internet dan berpatokan dengan hasilnya begitu saja. Pasalanya, hasil tersebut tentu saja belum tentu bisa dipercaya.

Apakah prosopagnosia dapat disembuhkan?

Sampai saat ini, belum ada terapi yang dapat menyembuhkan kondisi prosopagnosia. Pasien yang mengalami prosopagnosia dapat dikondisikan untuk mengenali seseorang berdasarkan ciri-ciri khas seperti cara berjalan, model rambut, kebiasan berbicara, tinggi badan maupun ciri-ciri fisik lainnya.

The post Sulit Mengingat Wajah Seseorang? Mungkin Anda Alami Masalah Ini appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2B72FRU


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar