Berapa Kalori yang Harus Dipangkas Supaya Berat Badan Anak Obesitas Dapat Turun?

Anak gemuk tidak selalu menandakan ia tumbuh sehat. Bisa jadi anak malah memiliki obesitas, yaitu kelebihan berat badan. Anak dengan kondisi ini harus ditangani lebih dini, supaya tidak menimbulkan penyakit yang membahayakan kesehatannya di masa depan. Salah satunya dengan mengurangi asupan kalori anak per hari. Lantas, seberapa banyak kalori anak harus dikurangi supaya berat badan anak obesitas bisa turun? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Kapan si kecil dibilang obesitas?

Jika Anda menanyakan berapa berat badan yang ideal untuk anak, jawabannya pasti berbeda-beda. Berat badan anak yang ideal harus disesuaikan dengan tinggi badan dan usia anak. Untuk mengetahui berat badan anak yang ideal dan obesitas, perhatikan tabel di bawah ini:

Berdasarkan tabel di atas, Anda dapat mencocokkan berat badan anak yang nomal. Namun, Anda perlu menghitung indek masa tubuh atau BMI (Anda bisa mengeceknya di sini). Cara menghitung BMI adalah membagi berat badan anak dalam kilogram dengan tinggi badan anak dalam meter kuadrat.

Jika hasil perhitungan menunjukkan angka 23 sampai 24,9, maka anak Anda masuk dalam kategori gemuk. Sementara jika hasilnya menunjukkan angka di atas 30, si kecil masuk dalam kategori obesitas.

Lalu, seberapa banyak kalori yang harus dipangkas untuk anak obesitas?

Pada dasarnya, kelebihan berat badan terjadi karena kalori yang masuk digunakan lebih sedikit. Untuk itu, salah satu untuk mengatasi obesitas pada anak dilakukan dengan mengurangi asupan kalori per hari. Namun, pengurangan kalori tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Pasalnya, anak butuh makanan tinggi nutrisi sebagai penunjang pertumbuhannya.

Lalu, berapa banyak kalori yang perlu dikurangi supaya berat badan anak obesitas dapat menurun? Menghitung besarnya kalori yang harus dikurangi tidak mudah. Anda perlu menyesuaikan usia, berat badan, tinggi badan, dan kesehatan tubuh anak secara menyeluruh. Oleh karena itu, konsultasikan lebih lanjut pada dari dokter anak atau ahli gizi anak.

obesitas anak

Namun, patokan asupan kalori per hari anak, bisa Anda ikuti dari panduan Angka Kecukupan Gizi yang ditetapkan oleh Kemenkes RI lewat Peraturan Menteri Kesehatan No. 75 Tahun 2013, berikut ini:

  • Usia 0-6 bulan: 550 Kkal per hari
  • Usia 7-11 bulan: 725 Kkal per hari
  • Usia 1-3 tahun: 1125 Kkal per hari
  • Usia 4-6 tahun: 1600 Kkal per hari
  • Usia 7-9 tahun: 1850 Kkal per hari

Jika usia anak sudah 10 tahun atau lebih, kebutuhan kalorinya akan dibedakan menurut jenis kelamin, antara lain:

Anak laki-laki

  • Usia 10-12 tahun: 2100 Kkal per hari
  • Usia 13-15 tahun: 2475 Kkal per hari
  • Usia 16-18 tahun: 2675 Kkal per hari

Anak perempuan

  • Usia 10-12 tahun: 2000 Kkal per hari
  • Usia 13-15 tahun: 2125 Kkal per hari
  • Usia 16-18 tahun: 2125 Kkal per hari

Cara lainnya supaya berat badan anak obesitas dapat turun

Selain mengatur kembali pola makan anak, langkah selanjutnya adalah menyeimbangkan dengan aktivitas fisik, seperti olahraga. Coba perhatikan kembali bagaimana aktivitas harian anak, apakah anak cenderung mager alias malas gerak atau aktif bergerak.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda terapkan supaya anak jadi lebih aktif bergerak, seperti:

  • Mengajak untuk olahraga bersama, bermain bersama di taman, atau jalan bersama binatang peliharaan kesayangan bersama anak
  • Tidak melewatkan sarapan dan membatasi makanan camilan yang bisa mengandung kalori
  • Membatasi waktu anak main video game atau nonton tv di rumah
  • Perbanyak minum air putih dan hindari juga minuman ringan yang mengandung tinggi kalori.

The post Berapa Kalori yang Harus Dipangkas Supaya Berat Badan Anak Obesitas Dapat Turun? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2S74lEA


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar