Bagaimana Asam Amino Triptofan Memperbaiki Mood dan Tidur Anda?

Apa saja yang Anda butuhkan agar bersemangat saat bangun pagi? Anda tentu butuh tidur cukup dan mood yang baik. Selain mempraktikkan kebiasaan tidur yang baik dengan sleep hygiene dan cara mengusir stres yang efektif, Anda juga bisa terus semangat bangun pagi setiap hari dengan rutin makan makanan yang mengandung asam amino triptofan. Bagaimana nutrisi ini memengaruhi suasana hati dan kualitas tidur Anda?

Apa itu asam amino triptofan?

Triptofan adalah jenis asam amino yang banyak ditemukan pada makanan berprotein. Di dalam tubuh, asam amino triptofan digunakan sebagai bagian penting pembentuk protein dan diperlukan dalam proses metabolisme.

Selain triptofan, asam amino ini dikenal juga dengan L-tryptophan, L-tryptophane, L-triptofano, L-2-amino-3- (indole-3-yl) asam propionat atau L-trypt.2

Triptofan kemudian diubah menjadi molekul yang disebut 5-HTP (5-hydroxytryptophan) untuk digunakan membuat hormon serotonin dan melatonin dalam otak. Dua hormon ini berhubungan erat dengan suasana hati dan kualitas tidur.

Bagaimana bisa perbaiki suasana hati dan tidur?

Setelah triptofan dipecah menjadi 5-HTP (5-hydroxytryptophan), serotonin akan dibentuk. Serotonin adalah hormon yang dapat memberikan Anda perasaan nyaman, senang, dan mengurangi stres.

Pengaruh triptofan pada suasana hati juga berhubungan dengan beberapa kondisi medis, seperti depresi dan gangguan kecemasan. Penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang mengalami depresi memiliki kadar triptofan yang lebih rendah dibandingkan orang normal. Mereka juga jadi mudah cemas, gelisah, cepat marah, agresif, dan impulsif.

Penelitian lainnya menunjukkan bahwa suplemen triptofan dan 5-HTP dapat bekerja sebaik obat antidepresan yang diresepkan dokter, seperti fluvoxamine (Luvox).

Setelah serotonin dibentuk, serotonin akan diubah menjadi molekul penting lainnya, yaitu melatonin. Melatonin adalah hormon yang mengatur siklus alami tubuh untuk bangun dan tidur. Hormon ini membuat Anda tidur lebih nyenyak dan bangun lebih fresh. Siklus bangun dan tidur yang sehat ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan metabolisme tubuh.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang makan sereal mengandung triptofan saat sarapan dan makan malam, lebih cepat tidur dan tidur lebih nyenyak dibandingkan ketika makan sereal biasa. Selain itu memengaruhi produksi hormon di ottak, triptofan juga meningkatkan fungsi otak Anda jadi lebih baik.

Dari mana Anda bisa mendapatkan asam amino triptofan?

Asam amino yang bermanfaat ini dapat Anda temukan dengan mudah pada berbagai makan berprotein. Makanan yang mengandung triptofan adalah telur, ikan salmon, produk susu, kacang kenari, kentang, gandum, pisang, dan daging merah.

Selain makanan, ada suplemen khusus yang dirancang khusus mengandung triptofan. Namun, penggunaan suplemen ini tentu tidak boleh sembarang. Pasalnya, terlalu banyak kadar triptofan dalam tubuh dapat menimbulkan mual, pusing, keringat berlebihan, badan gemetaran, linglung (delirium), dan rasa geliah.

Biasanya, efek samping ini akan muncul jika suplemen triptofan digunakan bersamaan dengan obat antidepresan. Untuk itu, lakukan konsultasi pada dokter sebelum Anda menggunakan suplemen ini.

The post Bagaimana Asam Amino Triptofan Memperbaiki Mood dan Tidur Anda? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2FUgkjf


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar