Apakah Melatih Anak Makan Pakai Sendok dan Garpu Harus Bersamaan?

Makan pakai sendok dan garpu tanpa bikin meja makan berantakan adalah hal yang wajar bagi kebanyakan orang dewasa. Namun, bagi anak-anak ini adalah tugas yang sulit dan Anda perlu melatihnya. Namun, haruskah anak makan pakai sendok dan garpu diajari bersamaan? Mau tahu jawabannya? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Mengapa harus melatih anak makan pakai sendok?

Tahukah Anda memegang garpu atau sendok pada anak-anak itu membutuhkan keterampilan khusus? Ya, di usianya yang muda, anak-anak masih mengembangkan keterampilan motorik, yaitu gerak jari tangan untuk memegang sesuatu.

Nah, keterampilan jari tangannya ini umumnya akan ditunjukkan si kecil saat ia berusia 6 bulan. Kemudian, memasuki usia 1 tahun, ia sudah mulai bisa mempertahankan benda yang dipegangnya tidak jatuh ke bawah. Pada saat inilah anak sudah siap dilatih menggunakan sendok dan garpu.

Melatih anak makan pakai sendok atau garpu itu penting. Pasalnya, saat anak sudah besar, ia harus bisa makan sendiri. Tidak dengan tangan kosong, tapi menggunakan sendok maupun garpu.

Mana yang lebih baik, sendok lebih dulu atau sekaligus dengan garpu?

yogurt untuk anak

Mengajari anak makan pakai sendok atau garpu termasuk salah satu cara untuk menumbuhkan perilaku mandiri pada anak. Lantas, apakah harus diajari bersamaan?

Melatih penggunaan sendok dan garpu pada anak-anak harus dilakukan secara bertahap. Ajari penggunaan sendok lebih dahulu, kemudian ganti dengan garpu saat ia sudah mahir memegang sendok. Kenapa harus bertahap?

Sederhananya, makanan yang pertama kali di makan oleh anak adalah makanan lembut yang cair, seperti sari buah, bubur tim, biskuit bayi, dan nasi yang diberi kuah. Makanan tersebut tentu akan lebih mudah dimakan dengan sendok, bukan? Jadi, mengajari anak menggunakan sendok akan memudahkannya menikmati makanan ini.

Pertimbangan lainnya adalah menggunakan garpu lebih membutuhkan perhatian ekstra. Bentuk garpu yang terdiri dari dua atau tiga ujung yang tajam tentu berbahaya jika digunakan anak secara sembarangan.

Untuk itu, anak harus lebih dulu mahir menggunakan sendok sebelum belajar menggunakan garpu. Biasanya anak-anak akan menghabiskan waktu kurang dari 3 bulan untuk belajar menggunakan sendok.

The post Apakah Melatih Anak Makan Pakai Sendok dan Garpu Harus Bersamaan? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2ThiRHp


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar