3 Cara Ampuh Mengobati Bibir Bengkak Akibat Alergi Udara Dingin

Meski Indonesia bukan negara 4 musim, hawa dingin selama musim hujan bisa membuat seseorang menggigil kedinginan. Apalagi jika Anda tinggal di area dataran tinggi karena suhu udara akan lebih rendah. Nah selain hawanya yang menusuk kulit, udara dingin juga bisa menimbulkan reaksi alergi hingga membuat bibir bengkak. Lalu bagaimana mengatasi kondisi ini?

Mengatasi bibir bengkak akibat alergi udara dingin

Alergi dapat dipicu oleh banyak, bukan hanya pada makanan atau bahan kimia tertentu saja. Ada orang yang baik-baik saja makan seafood, namun akan merasakan reaksi alergi ketika terpapar udara dingin. Ya, suhu udara yang rendah ini juga bisa menimbulkan alergi. Kondisinya akan membaik ketika suhu kulit kembali normal.

Sama seperti alergi lainnya, gejala alergi udara dingin juga dapat membuat kulit gatal, merah, dan pembengkakan. Pada kasus parah, alergi ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas, kehilangan kesadaran, dan bahkan kematian.

Bila gejalanya mulai kambuh sampai membuat bibir bengkak, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut:

1. Minum obat alergi

minum obat melebihi dosis

Ada banyak obat alergi dingin yang dijual bebas maupun pelu resep dokter. Anda bisa memilihnya sesuai kebutuhan dan keinginan, antara lain:

  • Antihistamin. Alergi merangsang tubuh melepaskan histamin. Oleh karena itu untuk mengobatinya obat yang digunakan adalah antihistamin untuk meringankan reaksi alergi. Contoh obat antihistamin untuk alergi dingin adalah loratadine (Claritin), cetirizine (Zyrtec) dan desloratadine (Clarinex).
  • Omalizumab (Xolair). Biasanya obat ini diresepkan untuk mengobati asma. Namun, obat ini juga ampuh untuk mengobati orang dengan alergi dingin yang tidak menanggapi obat lain.

2. Hangatkan tubuh

cara alami atasi panas dalam

Agar bibir bengkak dan gejala alergi lainnya membaik, Anda perlu menjaga kehangatan tubuh. Untuk sementara gunakan pakaian yang lebih tebal untuk menutupi kulit yang terpapar udara dingin.

Kemudian, perhatikan berbagai hal yang menimbulkan rasa dingin pada kulit Anda, seperti makan buah dingin ganti dengan sup hangat, air putih dingin ganti dengan air putih hangat, dan sebaiknya mandi air hangat.

3. Siap sedia epipen

penyebab sirosis hati

Reaksi alergi dapat muncul tiba-tiba dan gejalanya bisa ringan juga parah. Jadi, saat Anda tahu tubuh bereaksi negatif pada udara dingin, segera periksa ke dokter. Dokter akan memberikan tips pencegahan sekaligus perawatan, seperti menggunakan epipen, yaitu alat suntik yang berisi obat antialergi untuk mencegah rekasi alergi serius dan syok anafilaktik.

The post 3 Cara Ampuh Mengobati Bibir Bengkak Akibat Alergi Udara Dingin appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2RopSV8


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar