Yuk, Periksa Ketajaman Penglihatan Dengan 4 Kartu Khusus Ini

“Apakah Anda dapat membaca huruf yang terdapat pada baris pertama?” Pertanyaan ini adalah hal yang akan Anda dengar saat melakukan pemeriksaan mata, entah itu di dokter spesialis atau  di optik kacamata. Namun, tahukah Anda jika kartu yang bertuliskan huruf-huruf itu ada banyak jenisnya? Ya, nyatanya ada banyak ragam kartu khusus yang dibuat untuk pemeriksaan mata.

Beragam kartu khusus untuk pemeriksaan mata

1. Kartu Snellen

Kartu snellen adalah jenis kartu yang paling sering dan banyak digunakan dalam pemeriksaan mata. Kartu ini dapat Anda temukan di tempat-tempat pelayanan kesehatan, bahkan kartu ada di setiap optik yang menjual kacamata.

Walaupun masih disebut sebagai kartu Snellen, perkembangan zaman membuat kartu ini tidak lagi berbentuk lembaran kertas. Seringkali kartu ini sudah berupa proyeksi gambar kartu yang ditembakkan oleh proyektor ke layar.

Terdapat dua jenis kartu Snellen, satu yang berisikan huruf dan yang lainnya berisikan angka. Hal ini ditujukan agar Anda tidak dapat mengingat-ingat angka atau huruf yang telah dibaca sebelumnya.

Untuk menilai ketajaman mata, Anda diminta untuk membaca kartu snellen dari jarak yang telah ditentukan. Dimulai dari huruf atau angka yang paling besar di baris atas, hingga ke bawah yang ukurannya semakin kecil.

Jika penglihatan Anda tidak bermasalah, maka Anda mampu untuk membaca kartu snellen sampai di baris paling bawah, yaitu ukuran huruf atau angka yang terkecil. Namun, bila Anda sudah berhenti di tengah-tengah baris, mungkin Anda memiliki gangguan kesehatan tertentu.

2. Kartu E

Nah, pemeriksaan mata untuk anak-anak usia prasekolah ternyata berbeda dengan orang dewasa. Untuk mengetahui ketajaman penglihatan si kecil, biasanya kartu E akan digunakan. Hal ini untuk mengetahui apakah si kecil memiliki rabun dekat atau rabun jauh?

Kartu ini hanya berisikan huruf E dengan berbagai variasi ukuran, serupa dengan kartu Snellen. Bedanya dengan kartu snellen, si kecil tidak diminta untuk membaca kartu tersebut, karena kebanyakan mereka belum pandai membaca atau mengenal huruf. Jadi, si kecil akan diminta untuk menunjukkan ke mana arah ketiga kaki yang terdapat di huruf E tersebut.

3. Kartu ETDRS

Tidak seperti kartu Snellen yang mudah ditemukan di mana saja, kartu ETDRS umumnya hanya dapat ditemukan di dokter spesialis mata. Kartu ini digunakan untuk memeriksa ketajaman penglihatan pada orang dewasa. Bisa dibilang pemeriksaan mata dengan kartu ini lebih akurat dibandingkan dengan kartu Snellen. Hal ini disebabkan, pada kartu ETDRS:

  1. Masing-masing baris memiliki jumlah huruf atau angka yang sama
  2. Jarak antar huruf atau angka pada masing-masing baris sama
  3. Jarak antar huruf atau angka pada baris yang berbeda sama
  4. Tingkat kesulitan pembacaan huruf atau angka yang terdapat pada masing-masing baris sama

4. Kartu Jaeger

Berbeda dengan jenis kartu lainnya yang berguna untuk mengukur ketajam penglihatan dari jarak jauh, kartu Jaeger merupakan kartu yang digunakan untuk mengukur tajam penglihatan jarak dekat.

Kartu ini dibaca dalam jarak 30 cm, jarak membaca yang baik dan benar. Masing-masing baris pada kartu ini berisikan kalimat, bukan satu huruf atau angka seperti kartu lainnya, dan penilaian tajam penglihatan dapat dilakukan tanpa perlu menutup salah satu mata terlebih dahulu.

The post Yuk, Periksa Ketajaman Penglihatan Dengan 4 Kartu Khusus Ini appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2V07Rzp


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar