Tak Ingin Vagina Berdarah Setelah Berhubungan Seks? Cegah Dengan 5 Langkah Jitu

Tidak sedikit wanita yang mengeluh vaginanya berdarah setelah berhubungan seks. Biasanya, ini dianggap hal yang wajar apabila Anda baru pertama kali berhubungan seksual. Namun, Anda tentu akan berubah jadi panik dan khawatir bila hal ini terus terjadi berulang setiap kali berhubungan seks. Lantas, adakah cara mencegah vagina berdarah setelah berhubungan seks? Yuk, baca terus ulasan berikut ini.

Vagina berdarah setelah berhubungan seks, apakah normal?

Perdarahan dari vagina tentu bukan hal yang asing bagi wanita. Hal ini wajar terjadi ketika seorang wanita mengalami menstruasi. Selain itu, vagina berdarah juga biasa terjadi saat wanita pertama kali berhubungan seksual.

Namun yang jadi pertanyaan, apakah vagina berdarah tetap dianggap normal meskipun sudah berkali-kali berhubungan seksual?

Jawabannya adalah bisa normal dan tidak. Perdarahan yang terjadi hanya sesekali sebetulnya tidak perlu dikhawatirkan. Namun bila terjadi berulang kali, Anda harus segera memastikan penyebabnya.

Ada banyak hal yang membuat wanita sering mengalami vagina berdarah setelah berhubungan seks. Mulai dari kurangnya pelumas sebelum berhubungan intim, posisi seks yang terlalu keras, atau terburu-buru berhubungan seks, tapi belum cukup pemanasan alias foreplay.

Selain itu, vagina berdarah juga bisa disebabkan oleh adanya infeksi atau penyakit tertentu pada organ reproduksi wanita, baik pada leher rahim (serviks) maupun rahim. Tumbuhnya polip atau fibroid pada serviks maupun rahim bisa memicu perdarahan pada vagina setelah berhubungan seks.

Cara mencegah vagina berdarah setelah berhubungan seks

Sebelum mencari cara mencegah vagina berdarah setelah berhubungan seks, Anda harus memastikan dulu penyebabnya. Ya, setiap penyebab vagina berdarah tentu mempunyai upaya pencegahannya masing-masing.

Nah, berikut ini berbagai cara mencegah vagina berdarah setelah berhubungan seks yang bisa Anda lakukan:

1. Banyak minum air putih

minum air putih sebelum tidur

Dehidrasi tidak hanya menyebabkan bibir kering dan pucat, tapi juga mengakibatkan vagina kering. Ketika tubuh Anda kekurangan cairan, labia mayora, labia minora, dan seluruh bagian vagina juga akan ikut mengering. Maka tak heran jika setelah berhubungan seksual, vagina akan terasa nyeri dan bahkan mengalami perdarahan.

Maka itu, selalu pastikan tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Caranya, perbanyaklah minum air putih minimal 8 gelas per hari supaya tubuh tetap sehat dan bugar.

2. Pakai pelumas seks

pelumas untuk seks

Pada dasarnya, vagina bisa memproduksi cairan pelumas secara alami. Akan tetapi, ada banyak hal yang membuat cairan tersebut tidak diproduksi dalam jumlah yang cukup sehingga menyebabkan vagina kering. Misalnya karena menopause atau konsumsi obat-obatan tertentu.

Kalau sudah begitu, sebaiknya gunakan pelumas tambahan sebelum berhubungan seks. Namun ingat, jangan sembarangan menggunakan pelumas seks karena beberapa di antaranya justru dapat membahayakan vagina. Gunakan pelumas yang berbahan dasar air atau silikon untuk membantu mencegah perdarahan vagina setelah berhubungan seks.

3. Pakai kondom

menolak pakai kondom

Terkadang, vagina juga rentan mengalami perdarahan jika Anda berhubungan seks tanpa menggunakan kondom. Gesekan antara penis dan vagina sering kali memicu luka dan infeksi pada vagina sehingga menyebabkan perdarahan.

Maka itu, tidak ada salahnya untuk memasang kondom terlebih dahulu sebelum berhubungan seksual. Supaya lebih licin, jangan lupa oleskan pelumas tipis-tipis di sepanjang permukaan kondom.

Lagi-lagi, perhatikan lagi kandungan pada pelumas seks yang Anda pilih. Hindari menggunakan pelumas berbahan dasar minyak karena dapat merusak kondom lateks. Pilihlah pelumas air atau silikon yang lebih aman untuk vagina Anda.

4. Bicarakan dengan pasangan

pertanyaan tentang seks sebelum menikah

Jangan malu untuk membicarakan soal seks dengan pasangan Anda. Mungkin saja Anda berdua kurang pemanasan, seks terlalu cepat, atau melakukan posisi seks yang tidak nyaman sehingga menyebabkan vagina berdarah.

Bicaralah dari hati ke hati dengan pasangan Anda. Diskusikan mengenai seberapa lama pemanasan atau foreplay yang diinginkan, posisi bercinta yang disukai dan terasa nyaman, serta bagian tubuh mana yang ingin dan tidak ingin disentuh.

Dengan memahami kebutuhan dan keinginan satu sama lain, aktivitas di ranjang bisa dinikmati dan terasa bergairah. Semakin Anda dibuat nyaman dengan pasangan, maka risiko vagina berdarah bisa dicegah sedini mungkin.

5. Konsultasi ke dokter

bidan atau dokter kandungan

Jika vagina berdarah disebabkan oleh penyakit, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter. Dokter akan memastikan dulu penyebabnya, apakah karena infeksi, polip, fibroid, atau endometriosis yang umum dialami oleh wanita.

Bila ditemukan adanya infeksi pada vagina, maka dokter biasanya akan memberikan krim dan obat-obatan antiradang untuk menyembuhkan infeksinya. Namun bila disebabkan oleh polip, fibroid, atau endometriosis, dokter biasanya akan menganjurkan prosedur operasi. Hal ini bertujuan untuk mengangkat kelebihan jaringan atau kelainan yang menyebabkan vagina berdarah.

The post Tak Ingin Vagina Berdarah Setelah Berhubungan Seks? Cegah Dengan 5 Langkah Jitu appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2SnLylA


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar