Makanan untuk Penderita Eksim: Mana yang Baik dan yang Harus Dijauhi?

Makanan ternyata bisa memicu atau bahkan mengurangi gejala eksim. Ya, makanan tertentu bisa membantu mengurangi peradangan sementara makanan lainnya justru bisa memicu gejalanya. Berikut berbagai makanan untuk penderita eksim yang sebaiknya dikonsumsi dan dihindari.

Makanan untuk penderita eksim yang perlu dikonsumsi

jenis probiotik adalah

Eksim adalah kondisi saat kulit mengalami peradangan yang ditandai dengan rasa gatal, kemerahan, kasar, dan pecah-pecah. Untuk mengatasi peradangan  di dalam tubuh, ada beberapa makanan yang sebaiknya Anda konsumsi, yaitu:

1. Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membantu melawan peradangan di dalam tubuh. Ikan yang kaya omega 3 yaitu salmon, tuna, dan sarden. Namun, Anda juga perlu berhati-hati saat mengonsumsi ikan. Pastikan Anda tidak alergi terhadap ikan tersebut.

Dikutip dari Livestrong, jika Anda alergi terhadap ikan, Anda mungkin malah mengalami eksim setelah mengonsumsi makanan laut.

2. Makanan kaya probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup dan berkembang di dalam tubuh. Makanan yang kaya probiotik seperti yoghurt, tempe, dan kefir akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Selain itu, berbagai makanan ini juga bisa mengurangi reaksi alergi pada kulit.

3. Makanan tinggi flavonoid

Flavonoid adalah antioksidan yang membantu melawan peradangan di dalam tubuh. Antioksidan juga membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel sehat.

Untuk Anda yang memiliki eksim, makan makanan yang mengandung flavonoid membantu mengurangi peradangan. Adapun makanan tinggi flavonoid yaitu brokoli, apel, ceri, dan bayam.

Makanan untuk penderita eksim yang sebaiknya dihindari

cara memasak telur

Jika tadi sudah disebutkan berbagai makanan yang bisa membantu mengurangi peradangan maka berikut ini ada makanan yang sebaiknya dihindari. Eksim biasanya sensitif terhadap makanan tertentu. Biasanya reaksinya akan muncul setelah 6 hingga 24 jam. Berikut beberapa makanan yang biasanya bisa memicu eksim, yaitu:

  • Produk susu
  • Telur
  • Gluten atau gandum
  • Kedelai
  • Rempah-rempah seperti vanili, cengkeh, dan kayu manis
  • Tomat
  • Beberapa jenis kacang-kacangan

Terkadang, makanan yang mengandung pengawet buatan seperti margarin, makanan olahan, dan makanan cepat saji juga bisa memicu gejala eksim kumat.

Tak hanya itu, makanan tinggi gula juga terkadang bikin gejala eksim jadi makin parah. Hal ini karena gula membuat kadar insulin dalam darah meningkat hingga akhirnya menyebabkan peradangan. Berbagai makanan yang tinggi gula yaitu kue, permen, dan minuman kemasan yang manis.

The post Makanan untuk Penderita Eksim: Mana yang Baik dan yang Harus Dijauhi? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2GLrckE


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar