Hobi Melakukan 5 Hal Ini Setiap Hari? Pantas Saja Kulit Jadi Semakin Kering!

Kurang minum air putih kerap dikaitkan sebagai penyebab kulit kering. Ini karena kelembapan kulit berkurang karena kebutuhan cairan kulit tidak tercukupi. Namun, tidak cukup hanya dengan itu saja. Tahukah Anda ternyata masih ada berbagai kegiatan rutin yang tanpa sadar bisa semakin memperburuk kulit kering?

Aktivitas harian yang bisa memperparah penyebab kulit kering

Padahal sudah merasa memberikan perawatan yang tepat untuk kulit, tapi kondisi kulit tetap saja kasar, gatal, mengelupas, bahkan menimbulkan garis berwarna putih ketika digaruk? Coba perhatikan kembali, penyebab kulit kering ini bisa berasal dari aktivitas sehari-hari Anda, lho.

1. Kelamaan mandi pakai air panas

berendam air panas

Mandi air panas memang enak dan bikin tubuh rileks. Namun, kebiasaan ini sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, terlebih dalam waktu lama bagi Anda yang punya kulit kering.

Suhu panas pada air dapat menghilangkan kandungan minyak alami pada kulit, dijelaskan oleh Joshua Zeichner, MD, direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York.

Itu sebabnya, kulit yang kehilangan minyak alaminya akan mengering karena seolah kehilangan pelindung alaminya. Supaya lebih aman, sebaiknya gunakan dengan suhu air kurang dari 28 derajat Celcius alias bersuhu ruam-ruam kuku. Intinya, pastikan suhu air tidak terlalu panas sehingga tetap aman untuk kulit kering Anda.

2. Terlalu sering mengeksfoliasi kulit

eksfoliasi kulit

Eksfoliasi punya segudang manfaat yang baik untuk kulit, karena bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus membuatnya lebih cerah dan tampak sehat. Hanya saja, alih-alih membuat kulit semakin sehat dan terawat, terlalu sering melakukan eksfoliasi justru dapat membuat kulit menjadi kering, meradang, hingga mengelupas.

Hal ini tentunya turut menyumbang peran besar terhadap penyebab kulit kering Anda. Maka itu, sebaiknya gunakan produk eksfoliasi kulit secukupnya saja, yakni sebanyak 1-2 kali seminggu. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan kulit yang sehat tanpa harus mengorbankan kondisi kulit kering Anda.

3. Salah pakai detergen pencuci pakaian

mencuci pakaian untuk hilangkan kuman

Bukan hanya sabun untuk membersihkan wajah dan badan yang harus Anda perhatikan, sabun detergen untuk mencuci pakaian pun tidak boleh luput dari perhatian. Tidak hanya sebatas membersihkan pakaian saja, salah pilih detergen ternyata bisa memperparah penyebab kulit kering Anda.

Ada beberapa orang dengan kulit sensitif yang tidak bisa menggunakan produk perawatan kulit maupun detergen dengan kandungan pewangi. Jika ini yang Anda alami, coba ganti detergen pencuci pakaian yang biasa digunakan dengan detergen yang mengandung hypoallergenic.

Pakai detergen yang terlalu banyak juga bisa mengakibatkan kulit tambah kering, karena sisa detergen yang mengendap di dalam serat pakaian. Akibatnya, sisa detergen ini akan bergesekan dengan kulit sehingga menimbulkan iritasi kulit.

Solusinya, gunakan detergen dalam jumlah yang cukup setara dengan jumlah pakaian yang akan dicuci.

4. Terlalu fokus pada wajah, lupa dengan perawatan tubuh

cara cuci muka yang benar

Kebanyakan orang hanya memerhatikan kondisi kulit wajahnya saja sehingga tanpa sadar lupa kalau kulit tubuh juga perlu dirawat dengan baik. Meski sebagian besar area tubuh Anda tertutupi pakaian, ini bukan alasan untuk tidak merawatnya sama sekali.

Kulit tubuh yang kurang dirawat bisa berujung pada gatal-gatal, kering, dan menimbulkan masalah kulit lainnya. Terutama area tubuh yang rentan kering, seperti siku, lutut, kaki, dan lainnya. Sama halnya dengan kulit wajah, Anda dianjurkan untuk rutin merawat kulit tubuh sehingga senantiasa sehat, lembab, dan terhindar dari berbagai masalah kulit.

5. Menggunakan produk dengan kandungan pewangi

kelembapan kulit

Bagi Anda pemilik kulit kering, perhatikan dengan seksama kandungan apa saja yang ada dalam produk perawatan kulit yang setiap hari Anda gunakan. Amy Forman Taub, MD, selaku asisten dosen dermatologi di Northwestern University, menuturkan bahwa produk yang mengandung pewangi berpotensi untuk menimbulkan iritasi pada kulit kering.

Kondisi ini tentunya akan semakin buruk jika dipakai oleh Anda yang memang sudah memiliki kulit kering. Sebagai gantinya, coba pilih produk kulit dengan kandungan bahan alami yang terbukti lebih aman.

The post Hobi Melakukan 5 Hal Ini Setiap Hari? Pantas Saja Kulit Jadi Semakin Kering! appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2BGLtSR


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar