5 Resolusi Mudah untuk Hidup Lebih Sehat di Tahun 2019

Tahun 2019 sudah di depan mata. Anda pastinya punya resolusi tahun baru yang ingin dicapai. Misalnya ingin menanjak tangga karier, traveling ke tempat-tempat baru, atau bahkan ingin hidup lebih sehat? Semua bisa tercapai, kok, asal ada tekad dan usaha yang kuat. Kira-kira, resolusi tahun baru seperti apa yang bisa bikin hidup jadi lebih sehat dan bahagia?

Resolusi tahun baru untuk hidup sehat dan bahagia

gaya hidup sehat untuk diabetes

1. Diet sehat

Menjalani diet tidak melulu soal membatasi menu, porsi, dan waktu makan. Perlu Anda ketahui bahwa arti diet yang sebenarnya adalah pola makan yang menjadi kebiasaan dan gaya hidup.

Diet dikatakan sehat apabila Anda bisa membiasakan makan makanan bergizi variasi dan seimbang. Hal ini tidak susah, kok. Anda bisa memulainya dengan mengurangi makan gula dan menggantinya dengan makan buah sebagai camilan atau minum jus buah asli ketimbang minuman bersoda atau teh manis.

Anda juga bisa mencoba masak sendiri di rumah untuk memastikan menu makan pagi, siang, dan malam Anda lebih terjamin dari sisi kebersihan, kesegaran, dan nilai gizinya. Cari resep yang simpel dan mudah saja!

Jangan lupa untuk mulai menghindari makanan yang digoreng, makanan yang terlalu asin, makanan yang berlemak, minuman manis, dan minuman beralkohol.

2. Berhenti merokok

Rokok sudah terbukti dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan permanen, bahkan kematian, tapi sayangnya masih banyak saja yang merokok. Buktinya lebih dari 36,3% penduduk Indonesia saat ini adalah perokok aktif. Itu artinya lebih dari sepertiga total populasi orang Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Ayo, jadikan berhenti merokok sebagai bagian dari resolusi tahun baru Anda agar hidup lebih sehat! Meski berhenti merokok itu sulit bukan berarti mustahil. Coba mulai dengan mengganti bungkus rokok Anda dengan bungkus permen karet. Begitu keinginan merokok muncul, segera kunyah permen Anda.

Rajin-rajinlah juga sikat gigi. Selain buat mengusir bau mulut yang tidak sedap, Anda tentu akan merasa sayang, kan, mengotori kembali mulut yang sudah bersih nan wangi?

Ada banyak cara lainnya untuk membantu Anda berhenti merokok. Mulai dari trik-trik sederhana seperti di atas, dengan rutin olahraga, sampai minta bantuan dokter dan terapis berpengalaman. Yang penting, niat Anda kuat untuk setop merokok!

Baca juga tips-tips lainnya dari Hello Sehat berikut ini:

3. Tidur cukup

Banyak orang yang meremehkan pentingnya tidur cukup dan lebih memprioritaskan bekerja. Padahal, efek kurang tidur bagi kesehatan fisik dan psikologis Anda tidak boleh disepelekan. Kurang tidur meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, stroke, darah tinggi, hingga depresi. Menyeramkan, bukan?

Maka dari itu, apabila di tahun 2018 ini jam tidur Anda berantakan, mulailah perbaiki di tahun 2019 ini. Ingat, setiap orang dewasa sehat setidaknya butuh tidur 7-8 jam setiap malam. Tidur nyenyak dan cukup sudah terbukti penting untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam.

Untuk memulainya, Anda pertama-tama bisa coba:

  • Pasang alarm kapan Anda harus pergi dan bangun tidur setiap hari. Idealnya, Anda sudah harus tidur pukul kurang lebih pukul 11 malam dan bangun pukul 6 pagi agar bisa dapat 7 jam tidur.
  • Jauhkan gawai dan peralatan elektronik dari kamar tidur.
  • Buat suasana kamar tidur dingin, gelap, dan nyaman.

Lebih lengkapnya, baca panduan sleep hygiene dari Hello Sehat. Coba lakukan rutin dalam 1 bulan pertama di tahun 2019 dan rasakan perubahannya.

4. Banyak air putih

Tidak semua orang suka minum air putih karena rasanya yang tawar. Namun, air putih menyimpan segudang manfaat buat kesehatan Anda, lho!

Maka jika Anda selama 2018 lalu lebih suka ngopi atau minum minuman energi, sebaiknya mulai ubah kebiasaan tersebut di tahun 2019. Gula dalam minuman manis dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

Tips untuk minum cukup air putih setiap hari adalah membiasakan isi botol minum di malam hari dan taruh di dekat kasur agar Anda langsung bisa minum sebelum tidur dan setelah bangun pagi. Minumlah setidaknya 8 gelas air putih setiap hari dan setiap kali Anda merasa haus.

5. Turun berat badan

Turun berat badan adalah resolusi tahun baru yang dikejar oleh hampir semua orang setiap kali pergantian tahun. Ini juga bukan hal yang mustahil.

Anda bisa mulai dari keempat resolusi di atas yang ditambah dengan niat olahraga rutin 30 menit untuk 5 kali seminggu. Niscaya Anda akan mendapatkan berat badan ideal di tahun 2019 ini.

The post 5 Resolusi Mudah untuk Hidup Lebih Sehat di Tahun 2019 appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2LMfjdn


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar