4 Langkah Tepat dan Cepat Mengatasi Muntah Darah Saat Hamil

Morning sickness alias mual dan muntah wajar dialami oleh ibu saat sedang hamil muda. Hal ini biasanya disebabkan oleh kelelahan atau perubahan hormon saat hamil, sehingga Anda dianjurkan untuk lebih banyak istirahat. Namun, bagaimana jika yang terjadi justru muntah darah saat hamil? Apa yang harus dilakukan? Cari tahu lewat ulasan berikut ini.

Muntah darah saat hamil, apakah normal?

mual saat hamil menghindarkan ibu dari keguguran

Dalam istilah medis, muntah darah saat hamil disebut juga dengan hematemesis. Biasanya, darah dalam muntahan tampak berwarna kehitaman atau cokelat gelap, mirip seperti kopi bubuk.

Dilansir dari Parents, muntah darah saat hamil sering terjadi pada trimester awal kehamilan. Meski begitu, hal ini justru tidak normal, lho.

Morning sickness yang tergolong parah dapat merobek lapisan esofagus dan memicu perdarahan. Selain karena tekanan saat muntah, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh penyakit atau infeksi pada saluran pencernaan bagian atas. Misalnya gastritis, luka di kerongkongan (ruptur esofagus), atau hipertensi.

Kalau sudah begitu, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter supaya cepat ditangani dengan baik.

Cara cepat mengatasi muntah darah saat hamil

bed rest saat hamil

Sebelum pergi ke dokter, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membantu menghentikan muntah darah saat hamil. Berikut caranya:

1. Istirahat

Meskipun bikin panik, sebaiknya jangan biarkan hal ini membuat Anda stres. Ingat, zat-zat dan hormon yang dihasilkan dalam tubuh Anda akan ditransfer ke janin, sehingga janin mampu merasakan apa pun yang Anda rasakan.

Kalau Anda stres, janin dalam kandungan juga ikut stres dan mengganggu perkembangannya. Maka itu, sebaiknya segera istirahatkan tubuh dan tenangkan pikiran Anda.

2. Makan biskuit tawar

Jika muntah darah terjadi saat bangun tidur, cobalah makan biskuit tawar, roti panggang, atau sereal. Jenis makanan ini dapat membantu mengembalikan energi yang hilang sekaligus menenangkan saluran pencernaan Anda.

3. Minum air putih yang banyak

Dehidrasi bisa menjadi salah satu alasan kenapa Anda jadi sering muntah darah saat hamil. Tubuh yang kekurangan cairan akan menekan banyak organ vital dalam tubuh. Akibatnya, Anda jadi gampang mual dan muntah, bahkan disertai darah.

Maka itu, segera pulihkan diri Anda dengan memperbanyak minum air putih. Ibu hamil disarankan untuk minum setidaknya 10-12 gelas air per hari.

4. Minum jus buah

Selain air putih, jus buah juga dapat membantu menenangkan sensasi mual dan muntah saat hamil, lho.

Bukan cuma mencegah dehidrasi, minum jus buah juga dapat membantu menggantikan nutrisi yang hilang saat muntah. Alhasil tubuh Anda jadi lebih segar dan perkembangan janin pun tetap normal.

The post 4 Langkah Tepat dan Cepat Mengatasi Muntah Darah Saat Hamil appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2CFYmON


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar