4 Cara Jitu Memberi Obat Buat Anak yang Suka Melepeh Obat

Memberikan obat buat anak bisa jadi satu tugas mahasulit buat para orangtua sebab rasa obat yang rata-rata pahit di lidah gampang membuatnya rewel. Bahkan beberapa anak susah minum obat sampai harus melepehkannya. Jangan keburu emosi dulu. Baiknya coba cara-cara ini agar anak mau minum obat tanpa merengek supaya cepat sembuh.

Anak susah minum obat? Coba siasati dengan…

1. Pilih obat sirup

Buat anak, sebaiknya berikan obat yang berbentuk cair karena rasanya lebih manis dan mudah ditelan daripada tablet atau kapsul. Jangan lupa sediakan segelas air putih dan biskuit untuk membilas rasa obat yang masih menempel di lidah.

Jika obatnya hanya tersedia dalam bentuk tablet, sebaiknya tanyakan dulu ke dokter apakah boleh digerus dan dilarutkan dengan air agar lebih mudah diminum oleh anak. Beberapa obat tablet dan kapsul tidak boleh dihancurkan guna menjaga khasiatnya tetap optimal.

2. Gunakan pipet

Beberapa obat sudah dilengkapi dengan pipet khusus untuk menakar dosis sekaligus meneteskan obatnya. Dengan alat ini, obat yang dimasukkan ke mulut jadi lebih dekat dengan tenggorokan sehingga anak mau tidak mau langsung menelan obatnya.

Biasanya alat ini digunakan untuk bayi dan anak-anak yang lebih muda.

3. Dudukkan anak saat memberi obat

Agar anak bisa menelan obat tanpa hambatan, pastikan ia duduk tegak begitu Anda akan memberikan dosisnya. Posisi badan yang terlalu miring atau condong bisa membuatnya tersedak dan melepehkan obatnya dari mulut.

Anda bisa juga mengganjal punggungnya dengan bantal agar posisi duduknya bisa lebih tegak, baru beri si kecil obat.

4. Campur obat dengan makanan atau minuman

Jika anak memang tidak mau minum obat, siasat terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mencampur obat dengan makanan.

Umumnya obat tablet atau kapsul bisa Anda selipkan dalam pisang atau nasi. Namun untuk mencampur obat dengan susu, teh, jus, atau makanan cair lainnya (misalnya sup) sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter mengenai boleh tidaknya.

Ada beberapa jenis obat yang tidak boleh diminum bersama teh atau susu karena takut berinteraksi dan menyebabkan risiko efek samping tertentu.

The post 4 Cara Jitu Memberi Obat Buat Anak yang Suka Melepeh Obat appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2QYdkIw


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar