3 Khasiat Minyak Bunga Mawar untuk Kesehatan

Siapa tidak kenal dengan bunga mawar? Selain menjadi simbol cinta abadi, bunga yang punya nama latin rosa damascena ini sering juga diekstrak menjadi minyak esensial untuk mengobati masalah kesehatan tertentu karena sifat penyembuhnya. Apa saja manfaat minyak mawar untuk kesehatan?

Segudang manfaat minyak mawar untuk kesehatan

1. Meredakan stres

Pereda stres adalah salah satu manfaat minyak mawar yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Sebuah penelitian tahun 2009 menyimpulkan bahwa penggunaan minyak mawar sebagai aromaterapi terbukti dapat menurunkan stres dan memunculkan sensasi rileks serta ketenangan yang lebih cepat dibanding jenis aromaterapi lainnya.

Menghirup aroma minyak mawar juga dilaporkan membantu mengatur pernapasan dan tekanan darah lebih stabil dibanding dengan orang yang diuji menggunakan plasebo atau obat kosong. 

2. Bikin tidur jadi lebih nyenyak

Sebuah penelitian kecil yang diterbitkan dalam jurnal Complementary Therapies in Clinical Practice tahun 201 menunjukkan minyak mawar berpotensi membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Laporan ini disimpulkan setelah meminta 60 orang secara rutin menghirup uap minyak aromaterapi mawar selama 3 malam berturut-turut. Hasilnya, mereka memiliki kualitas tidur yang membaik.

3. Meredakan nyeri PMS

Ketika dicampur dengan minyak lavender, kayu manis, dan minyak cengkeh, minyak bunga mawar dapat dipakai untuk memijat perut wanita yang mengalami PMS.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Complementary Based Complementary and Alternative Medicine pada tahun 2013, para ilmuwan menemukan bahwa wanita yang rutin memijat perut dengan campuran minyak mawar sekali sehari selama tujuh hari sebelum hari menstruasinya mengalami nyeri PMS yang lebih ringan (baik intensitas maupun durasinya) dibanding dengan wanita yang pijat menggunakan minyak lainnya.

Perhatikan ini sebelum pakai minyak mawar

Manfaat minyak mawar untuk kesehatan memang menggiurkan. Namun, Anda harus berhati-hati saat menggunakannya. Jangan menggunakan minyak mawar dengan dioleskan langsung pada kulit. Minyak mawar juga tidak boleh diteteskan ke mata atau hidung.

Umumnya minyak mawar digunakan dengan mengencerkannya dengan minyak pelarut atsiri, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko efek samping alergi yang mungkin terjadi.

Cara lain untuk memakai minyak mawar adalah dengan menghirupnya. Anda bisa teteskan sedikit minyak mawar ke dalam sebuah baskom berisi air hangat dan hirup uap airnya, atau gunakan mesin diffuser untuk mengubah minyak menjadi uap yang tersebar ke seluruh ruangan.

Ada baiknya sebelum pakai minyak mawar Anda tes dulu dengan mengolesk sedikit minyak ke kulit di belakang telinga atau punggung tangan. Tunggu dalam 24 jam setelahnya dan lihat apakah ada reaksi alergi yang muncul. Misalnya kulit jadi gatal-gatal dan kemerahan atau bahkan iritasi. Bila muncul iritasi atau gatal, sebaiknya jangan gunakan minyak mawar.

Wanita hamil dan menyusui dan anak-anak harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan minyak mawar atau minyak apapun.

The post 3 Khasiat Minyak Bunga Mawar untuk Kesehatan appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://bit.ly/2R7sjiL


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar