Sebetulnya Apa Saja Gejala Usus Buntu yang Harus Segera Disadari?

Penyakit radang usus buntu (apendisitis) adalah kondisi yang terjadi ketika usus buntu (apendiks) mengalami penyumbatan sehingga menyebabkan infeksi. Penumpukan lendir, parasit, serta feses merupakan beberapa faktor penyebab sumbatan. Penting untuk mendeteksi gejala awal usus buntu sedini mungkin.

Sebab jika dibiarkan terlalu lama, usus buntu yang sudah berkembang semakin buruk berisiko pecah sehingga mengakibatkan infeksi peritoneum (lapisan pembungkus organ dalam perut) yang mengancam nyawa.

Apa saja gejala awal usus buntu?

Usus buntu memiliki panjang sekitar empat inci, letaknya di bagian perut sebelah kanan bawah. Atau lebih tepatnya menempel pada ujung usus besar. Sebenarnya usus buntu adalah bagian kecil dari sistem pencernaan yang tidak memiliki fungsi sangat penting. Itu sebabnya, Anda masih dapat hidup normal walaupun tidak memiliki usus buntu.

Meski begitu, perkembangan bakteri di dalamnya bisa mengakibatkan usus buntu mengalami iritasi dan pembengkakan. Jika ini terjadi, akan timbul gejala awal usus buntu yang menandai ada yang tidak beres dengan sistem pencernaan Anda.

Munculnya rasa sakit di bagian tengah perut sekitar pusar merupakan gejala pertama, yang akan semakin berkembang dengan bergesernya rasa nyeri ke sisi kanan perut bagian bawah. Rasa nyeri tersebut bisa semakin menjadi-jadi saat Anda mengambil napas dalam, batuk, bersin, dan tertawa.

Gejala lanjutan ketika usus buntu semakin parah

Selain sakit perut khas yang menjadi gejala awal usus buntu, Anda mungkin juga akan mengalami gejala lain. Di antaranya yaitu:

  • Kehilangan selera makan
  • Mual dan muntah
  • Diare
  • Sembelit
  • Kesulitan buang air kecil

Dalam berapa kasus, ada pula yang sampai mengalami demam ringan dan menggigil. Hanya saja, tidak semua orang mengalami hal ini. Dilansir dari laman Medical News Today, gejala-gejala tersebut biasanya hanya muncul pada sekitar 50 persen dari seluruh penderita usus buntu.

Dalam artian, beberapa pasien bisa saja mengalami gejala awal usus buntu berupa sakit perut. Namun, ada pula yang tidak terlalu merasakannya. Begitu juga dengan yang mengeluhkan sensasi mual dan muntah terus-menerus, yang tidak selalu dialami oleh semua orang dengan usus buntu, dan lain sebagainya.

Maka itu, penting untuk segera mengonsultasikannya pada dokter bila memiliki keluhan tertentu terkait sistem pencernaan Anda. Dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi dan kesehatan tubuh Anda.

The post Sebetulnya Apa Saja Gejala Usus Buntu yang Harus Segera Disadari? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2OYucJv


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar