Kenali Gejala Awal Kanker Lidah yang Sering Dikira Sariawan

Sariawan di lidah bisa terjadi kapan saja dan biasanya mudah untuk disembuhkan. Namun, hati-hati. Tidak semua luka pada lidah itu sariawan, lho! Jika luka itu muncul tiba-tiba tanpa sebab dan susah sembuhnya, bisa jadi sariawan tersebut merupakan gejala awal kanker lidah. Tentu Anda tidak boleh mengabaikan penyakit ini.

Yuk, cari tahu lebih lanjut mengenai gejala kanker lidah berikut ini.

Sekilas info tentang kanker lidah

Kanker lidah merupakan salah satu jenis kanker mulut. Penyebabnya adalah pertumbuhan sel yang tidak normal di sekitar lidah. Saat sel kanker menyerang lidah, akan muncul luka atau tumor di lidah. Jika sel kanker tumbuh di area depan lidah, kondisinya disebut dengan kanker lidah. Sementara, jika terjadi di area bawah bawah lidah disebut dengan kanker tenggorokan atau kanker orofaring.

Jenis kanker lidah yang paling sering terjadi adalah squamous cell carcinoma atau sel kanker bersisik. Selain pada lidah, jenis kanker ini juga bisa muncul di permukaan kulit, lapisan organ pernapasan, dan organ pencernaan.

Ahli kesehatan tidak mengetahui penyebab pasti kanker lidah. Namun, beberapa orang dengan kondisi dan kebiasaan tertentu dapat meningkatkan risiko penyakit kanker lidah, seperti:

  • Terbiasa merokok
  • Sering minum minuman beralkohol
  • Kurang makan sayur dan buah, cenderung lebih suka makanan berpengawet
  • Kesehatan mulut dan gigi yang buruk
  • Pernah terkena kanker sebelumnya
  • Memiliki ayah, ibu, atau anggota keluarga lainnya yang terkena kanker.

Gejala kanker lidah yang perlu Anda waspadai

Sama seperti kanker lainnya, kanker lidah dapat mengakibatkan kematian jika tidak diobati. Perawatannya pun harus intensif sampai sel-sel kanker benar-benar musnah dari tubuh. Untuk itu, tindakan pencegahan lebih baik dilakukan dan tentunya Anda juga harus waspada dengan beberapa gejalanya.

Pada tahap awal, orang yang terkena kanker lidah biasanya tidak mengalami gejala sampai sel kanker tumbuh dan menimbulkan luka di lidah. Sayangnya, luka pada lidah ini sering disalahartikan sebagai sariawan. Nah, bedanya adalah luka pada lidah akibat kanker lidah tidak kunjung sembuh meski sudah diobati.

Beberapa gejala kanker lidah lainnya yang mungkin terjadi, antara lain:

  • Muncul bercak merah atau putih (leukoplakia) pada lidah yang tidak kunjung sembuh
  • Adanya luka pada lidah yang susah sembuh
  • Sakit saat mengunyah
  • Mulut terasa mati rasa
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Lidah terus membengkak dan mengeluarkan darah tanpa penyebab yang jelas
  • Rahang terasa kaku dan kadang nyeri

Gejala kanker lidah hampir sama dengan kanker mulut. Namun, disertai gejala lain seperti suara serak, lapisan mulut menebal, nyeri menyebar ke area leher dan telinga, serta gigi yang mudah copot. Selain itu, kanker mulut tidak hanya menyerang lidah, tapi juga area mulut lainnya, seperti gusi dan pipi bagian dalam.

Baiknya segera cek ke dokter bila sariawan Anda tidak kunjung sembuh lebih dari 3 minggu. Namun, jika rasa sakit sekitar di mulut membuat Anda benar-benar tidak nyaman, tidak perlu menunggu lebih lama untuk pergi ke dokter.

The post Kenali Gejala Awal Kanker Lidah yang Sering Dikira Sariawan appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2S9DxjA


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar