Waspadai 5 Jenis Kanker yang Paling Sering Menyerang Wanita

Kanker bisa menyerang siapa saja, tidak mengenal usia maupun jenis kelamin. Lebih dari 30 persen kematian akibat kanker disebabkan oleh lima faktor risiko perilaku dan pola makan, yaitu indeks massa tubuh berlebihan, kurang konsumsi buah dan sayur, kurang aktivitas fisik, penggunaan rokok, dan konsumsi alkohol berlebihan. Ada beberapa jenis kanker pada wanita yang paling umum terjadi.

Jenis kanker yang sering terjadi pada wanita

Menurut data GLOBOCAN (IARC) tahun 2014, ada lima jenis kanker pada wanita yang paling sering terjadi. Bahkan, menyebabkan tingkat kematian yang cukup tinggi.

Meski menyeramkan, sebenarnya semua kanker bisa sembuh total asalkan dideteksi dini dan dilakukan pengobatan yang tepat. Lalu, jenis kanker pada wanita apa saja yang harus diwaspadai?

1. Kanker payudara

ciri-ciri kanker payudara ciri awal kanker payudara, ciri-ciri benjolan kanker payudara, penyebab kanker payudara, ciri kanker payudara stadium awal

Kanker payudara termasuk jenis kanker tertinggi pertama pada wanita. Jika dilihat data dari IARC, di Indonesia terdapat 49,9 persen kasus baru yang terjadi pada tahun 2014. Sementara, tingkat kematian akibat kanker ini adalah sebanyak 21,4 persen.

Jenis kanker pada wanita yang satu ini muncul ketika sel-sel kanker tumbuh dari jaringan payudara yang meliputi kelenjar susu dan saluran payudara, beserta lemak dan jaringan ikat.

Oleh karena itu, penting untuk Anda melakukan deteksi dini payudara dengan SADARI (periksa payudara sendiri) dan SADANIS (periksa payudara klinis)

2. Kanker serviks

pengobatan kanker serviks

Tak hanya di Indonesia, kanker serviks juga merupakan jenis kanker yang sangat umum terjadi pada wanita di seluruh dunia. Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia atau WHO, kanker serviks merupakan jenis kanker nomor empat yang paling sering terjadi pada wanita.

Namun, di Indonesia sendiri kanker pada wanita yang satu ini berada pada peringkat kedua kanker yang paling sering terjadi. Berdasarkan data IARC, kanker serviks baru yang muncul tahun 2014 di Indonesia sebanyak 20,9 persen.

Sementara, dari sumber yang sama diketahui bahwa kanker jenis ini menyebabkan kematian sebanyak 10,3 persen pada tahun 2014 di Indonesia.

3. Kanker usus besar

faktor risiko kanker usus besar

Jenis kanker yang perlu diwaspadai wanita lainnya adalah kanker usus besar. Wanita dengan riwayat kesehatan keluarga atau pribadi memiliki kanker ini, atau memiliki polip di usus besar atau rektum, dan yang memiliki penyakit radang usus lebih mungkin mengalami kanker usus besar.

Selain itu, kelebihan berat badan, makan makanan yang tinggi lemak (terutama dari sumber hewani) juga meningkatkan risiko kanker usus besar.

Tercatat bahwa ada 11,7 persen kasus baru kanker usus pada wanita yang muncul di Indonesia pada tahun 2014.

4. Kanker ovarium

penyakit rahim

Jenis kanker pada wanita yang satu ini ditandai dengan gejala seperti perut kembung, tidak nafsu makan, penurunan berat badan yang drastis, perubahan siklus haid, hingga terasa tidak nyaman di bagian panggul.

Biasanya, kanker ovarium terjadi pada wanita yang berusia 55 tahun lebih. Namun tidak menutup kemungkinan dialami oleh anak-anak atau remaja. Kanker ovarium dapat disembuhkan secara total jika ditemukan cepat dan diobati dengan tepat.

Kanker ini menjadi kasus kanker dengan peringkat ke-4 yang paling sering terjadi pada wanita di Indonesia menurut data IARC. Dari data yang sama, diketahui bahwa kasus kanker ovarium baru pada tahun 2014 di Indonesia ada sebanyak 10,23 persen.

5. Kanker paru

tanda hipertensi paru

Jenis kanker pada wanita terakhir yang paling sering terjadi selanjutnya adalah kanker paru. Kanker paru adalah kondisi ketika sel-sel jaringan di paru-paru tumbuh dengan luar biasa cepat, menyebabkan tumor terbentuk. Kanker paru menyebabkan ketidakmampuan tubuh dalam berfungsi dan menyebabkan kualitas hidup yang buruk.

Berdasarkan profil negara Indonesia di IARC tahun 2014, diketahui terdapat 9,3 persen kasus baru. Sedangkan, pada tahun yang sama, kanker paru telah menyebabkan 9,1 persen wanita meninggal dunia.

The post Waspadai 5 Jenis Kanker yang Paling Sering Menyerang Wanita appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2Natub0


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar