Hindari Cotton Bud, Begini Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Membersihkan telinga tidak boleh sembarangan. Salah-salah bisa bikin pendengaran Anda terganggu. Itulah mengapa Anda perlu berhati-hati saat membersihkan telinga. Lalu, bagaimana cara membersihkan telinga yang benar?

Sebenarnya telinga mampu membersihkan dirinya sendiri

Telinga sudah punya kemampuan untuk membersihkan dan mengeluarkan kotorannya sendiri. Jadi, normalnya kotoran telinga tidak akan menyumbat saluran pendengaran Anda.

Ketika Anda mengunyah atau menggerakkan rahang saat berbicara, kotoran telinga akan berjalan keluar, mengering dan jatuh dengan sendirinya. Kecuali, Anda menggunakan cotton bud atau benda lainnya yang dimasukkan ke dalam telinga dan akhirnya membuat kotoran terdorong ke dalam.

Jika Anda tetap menggunakan suatu alat atau bahkan memasukkan jari ke dalam telinga, malah Anda yang membuat kotoran terperangkap di dalam.

Jadi, bagaimana cara membersihkan telinga yang benar?

cara menggunakan obat tetes telinga

Meski secara alami telinga akan membersihkan dirinya sendiri, terkadang penumpukan lilin yang dihasilkan telinga membuat tidak nyaman. Maka itu, Anda bisa melakukan beberapa cara membersihkan telinga yang benar.

Cara membersihkan telinga yang dianjurkan adalah dengan menggunakan obat tetes telinga, tetes peroksida hidrogen dan teteskan minyak zaitun atau baby oil.

Cara tersebut bisa membantu melarutkan kotoran telinga atau melunakannya jika sudah mengeras. Anda bisa meneteskan beberapa tetes hidrogen peroksida ke kapas basah dan menerapkannya ke telinga Anda. Atau Anda juga bisa menggunakan pipet bersih untuk meneteskan larutan tersebut ke dalam telinga.

Sementara itu, Anda juga dapat membeli obat tetes telinga yang dijual bebas, yang berbasis air atau minyak yang dapat melunakan kotoran telinga. Biasanya mengandung karbamid peroksida, yang mirip dengan hidrogen peroksida.

Pakai obat telinga sesuai instruksi

Gunakan obat tetes telinga sesuai anjuran pada kemasan atau saran dari dokter. Sebelum Anda meneteskan bahan tersebut, miringkan kepala Anda sehingga telinga yang terkena mengarah ke atas selama beberapa menit.

Ini akan memungkinkan cairan menetes ke dalam saluran telinga untuk mencapai sumbatan. Selain itu, perhatikan jika Anda merasa ada luka di dalam telinga Anda, atau telinga Anda terasa sakit, sebaiknya jangan menggunakan obat tetes telinga tersebut.

Setelah beberapa menit, miringkan kepala dengan cara lain akan memungkinkan cairan dan kotoran telinga mengalir sampai saluran telinga bersih.

Namun, jika cara ini tidak berhasil, tanyakan kepada dokter untuk mendapatkan cara terbaik lainnya.

The post Hindari Cotton Bud, Begini Cara Membersihkan Telinga yang Benar appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2zEPrM4


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar