Bukan Sekadar Pegal Linu, Ini 4 Penyebab Pinggang Kanan Sakit

Pernah mengeluhkan pinggang kanan sakit? Kebanyakan orang mungkin akan mengira ini hanya pegal linu yang diakibatkan oleh salah posisi saat tidur. Padahal tidak selalu, lho. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Berbagai penyebab pinggang kanan sakit

sakit pinggang sacroiliitis

Dalam beberapa kasus, sakit pinggang sebelah kanan memang bisa disebabkan oleh nyeri otot biasa. Namun jangan anggap remeh jika nyeri ini tidak kunjung sembuh dalam waktu yang lama. Pasalnya, kondisi ini bisa menandakan masalah yang serius karena berhubungan dengan berbagai organ di sekitarnya.

1. Masalah ginjal

Ginjal terletak di kedua sisi tulang belakang atau tepatnya di bawah tulang rusuk. Bedanya, ginjal sebelah kanan terletak sedikit lebih rendah daripada ginjal kiri. Ginjal sebelah kanan mungkin mengakibatkan pinggang kanan sakit, ketika mengalami peradangan, infeksi, atau iritasi.

Beberapa masalah ginjal yang paling umum adalah batu ginjal dan infeksi ginjal. Batu ginjal adalah kondisi medis ketika terdapat padatan menyerupai kerikil yang terbentuk dari mineral dan garam dari urin. Batu yang menempel di ureter juga akan membuat Anda mengalami nyeri hebat di punggung, pinggang, perut bagian bawah, hingga selangkangan.

Sementara infeksi ginjal dipicu oleh serangan bakteri, seperti bakteri E. coli yang bersarang di usus lalu masuk ke kandung kemih dan ginjal melalui ureter. Kondisi ini juga membuat Anda mengalami sakit pinggang, salah satunya di sebelah kanan.

2. Radang usus buntu

Usus buntu adalah sebuah organ menyerupai tabung kecil yang menempel pada usus besar. Usus buntu bisa mengalami peradangan, disebut apendicitis, sehingga membuat organ ini membengkak dan menimbulkan rasa sakit.

Lokasi nyeri yang menyerang penderitanya tidak selalu sama tergantung pada posisi usus buntunya, salah satunya berefek pada pinggang kanan sakit atau nyeri pada perut sebelah kanan bawah. Gejala usus buntu bervariasi dan akan bertambah parah secara bertahap.

3. Masalah tulang belakang

Adanya masalah pada tulang belakang bisa menjadi penyebab lain mengapa pinggang sebelah kanan Anda sakit. Kondisi ini bisa terjadi karena beberapa hal. Entah karena cedera pada ligamen, otot kaku, maupun degenerasi tulang belakang.

Perawatan yang dilakukan dokter akan disesuaikan dengan penyebab dan keparahan kondisi. Anda bisa melakukan terapi fisik, konsumsi obat, hingga operasi jika sudah cukup parah.

4. Penyakit radang panggul

Kondisi ini biasanya menyerang wanita karena terjadi di sistem reproduksi dan saluran kemih wanita, meliputi ovarium, rahim, dan uretra. Keluhan pinggang kanan sakit serta nyeri saat buang air kecil merupakan beberapa gejala yang menandai kondisi ini.

The post Bukan Sekadar Pegal Linu, Ini 4 Penyebab Pinggang Kanan Sakit appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2R6W689


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar