Atasi Kulit Gatal Kurap Dengan 6 Obat Alami yang Ada di Rumah

Kurap, atau yang dikenal juga sebagai kadas, adalah penyakit kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur (tinea). Bercak merah, bersisik, serta gatal pada kulit merupakan beberapa tanda khas kurap. Siapa pun bisa dengan mudah terkena penyakit menular ini, terutama kelompok orang yang imunnya lemah. Selain dengan obat-obatan medis, ada beberapa obat kurap alami yang bisa bantu menyembuhkan gejala.

Apa saja obat kurap alami?

Sebelum menggunakan berbagai pilihan obat kurap alami ini, pastikan Anda telah membersihkan area kulit dengan sabun dan air terlebih dahulu.

1. Cuka apel

khasiat cuka apel

Cuka apel diyakini punya sifat anti jamur yang kuat, sehingga bisa membantu mengobati beragam penyakit yang disebabkan oleh jamur. Cara pakainya dengan mengusapkan kapas yang telah direndam dalam cuka apel sebelumnya pada kulit Anda yang terkena kurap. Lakukan secara rutin selama tiga kali sehari.

2. Lidah buaya

Lidah buaya termasuk obat kurap alami karena mengandung agen antiseptik yang dapat memerangi jamur, bakteri, serta virus. Selain itu, lidah buaya juga menimbulkan sensasi dingin saat digunakan sehingga menenangkan kulit yang gatal, meradang, hingga membengkak.

Oleskan gel lidah buaya secara langsung pada kulit yang mengalami kurap selama tiga sampai empat kali sehari.

3. Minyak kelapa

khasiat minyak kelapa

Minyak kelapa dipercaya bisa membunuh sel-sel jamur berkat sifat antimikroba dan anti jamur yang dimilikinya. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan minyak kelapa bisa menjadi mengobati infeksi kulit yang ringan hingga sedang.

Cara pakainya pun mudah, Anda hanya perlu menghangatkan minyak kelapa sampai mencair kemudian langsung dioleskan ke area kulit yang bermasalah. Ulangi hal ini selama tiga kali sehari.

4. Kunyit

kunyit untuk bayi

Sudah tidak diragukan lagi bahwa kunyit adalah rempah-rempah populer yang terkenal dengan sifat antiradang, antijamur, serta antibakterin. Ini semua berkat kandungan senyawa kurkumin di dalamnya.

Aturan pakai kunyit untuk mengatasi kurap tidak sulit, Anda bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Selanjutnya oleskan langsung pada kulit dan biarkan hingga kering, lalu bilas sampai bersih.

5. Minyak pohon teh

tea tree oil

Sudah telah lama minyak pohon teh (tea tree oil) dikenal ampuh untuk mengobati infeksi jamur kulit berkat sifat antijamur dan antibakteri yang dimilikinya.

Tidak sulit, kok, Anda bisa mengoleskan minyak pohon teh langsung ke daerah kurap selama dua atau tiga kali per hari menggunakan kapas. Jika kulit Anda tergolong sensitif, sebaiknya campurkan terlebih dahulu bersama minyak pembawa.

6. Minyak oregano

Minyak oregano juga tidak kalah ampuh dalam mengobati infeksi jamur kulit, karena mengandung dua anti jamur kuat yakni thymol dan carvacrol. Cara menggunakannya dengan mencampurkan beberapa tetes minyak oregano dengan minyak pembawa, kemudian oleskan selama tiga kali sehari.

Jika gejala tidak kunjung membaik dalam 2 minggu, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Perhatikan juga orang-orang terdekat Anda, apakah juga mengalami gejala yang sama. Dikhawatirkan penyakit ini telah menular ke anggota keluarga lainnya.

Pasalnya dalam beberapa kasus, kurap tidak dapat diatasi sama sekali dengan bahan-bahan alami dan harus segera ditangani oleh dokter. Bila Anda ragu, segera konsultasikan hal ini pada dokter.

The post Atasi Kulit Gatal Kurap Dengan 6 Obat Alami yang Ada di Rumah appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2xIhwAE


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar