6 Cara Jitu Mengatasi Rasa Gatal Saat Hamil Akibat Penyakit Prurigo

Apakah pernah merasa gatal saat hamil, hingga timbul bentol merah seperti digigit serangga? Mungkin Anda mengalami prurigo. Prurigo adalah kondisi munculnya bintil-bintil di beberapa bagian tubuh dan terasa sangat gatal.

Hal tersebut bisa saja terjadi pada ibu hamil yang sedang mengalami perubahan hormon dan sistem imun. Faktanya, satu dari 300 ibu mengalami gatal saat hamil akibat prurigo. Prurigo bisa terjadi hingga berbulan-bulan bahkan mungkin berlanjut setelah Anda melahirkan. Lantas, bagaimana mengatasi gatal saat hamil yang disebabkan prurigo ini?

Bagaimana cara mengatasi gatal saat hamil akibat prurigo?

Gatal saat hamil yang disebabkan oleh prurigo akan sangat mengganggu dan menghambat aktivitas Anda. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk membantu meringankan gejala prurigo saat hamil.

  • Jika rasa gatal muncul, jangan digaruk. Menggaruk hanya akan membuat kulit iritasi dan akhirnya makin gatal. Kompres daerah yang gatal dengan es batu atau air dingin.
  • Kenakan pakaian yang longgar. Pakaian ketat akan memperparah sensasi gatalnya karena memerangkap keringat sehingga justru menimbulkan iritasi kulit akibat gesekan dengan bahan pakaian.
  • Hindari pakaian yang berbahan sintetis. Bahan sintetis seperti polyester atau rayon tidak menyerap keringat. Gunakan pakaian berbahan katun yang adem dan menyerap keringat.
  • Mandi air dingin. Mandi air hangat justru membuat kulit Anda menjadi lebih kering, sehingga Anda akan lebih mudah gatal.
  • Hindari keluar rumah saat cuaca sedang panas.Panas dari sinar matahari dapat membuat kulit Anda jadi lebih kering. Sinar ultraviolet dari matahari juga dapat memicu timbulnya ruam pada kulit yang kering.
  • Oleskan losion calamine atau pelembab kulit biasa (yang tanpa pewangi) beberapa kali sehari untuk mengurangi rasa gatal. Hindari produk pelembap yang mengandung urea, minyak esensial, asam salisilat, atau retinoid. Konsultasikan terlebih dahulu pada dokter Anda sebelum menggunakannya.

Jika cara-cara di atas kurang efektif, sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter. Dokter umumnya akan memberikan obat steroid oles berupa salep, krim, atau gel maupun obat antihistamin yang diminum untuk meredakan gatal saat hamil akibat prurigo. Dokter juga mungkin akan meresepkan obat ciclosporin untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

The post 6 Cara Jitu Mengatasi Rasa Gatal Saat Hamil Akibat Penyakit Prurigo appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2zCRno6


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar