5 Komplikasi yang Bisa Muncul Jika Asma Tak Ditangani Dengan Baik

Asma adalah penyakit kronis yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit ini membuat penderitanya sulit bernapas. Sayangnya, asma tidak bisa disembuhkan tapi dapat dikendalikan gejalanya supaya tidak kambuh. Nah, jika gejalanya tidak dikendalikan dengan baik, akan ada banyak komplikasi asma yang bisa muncul.

Dari gangguan kesehatan hingga produktivitas terganggu bisa terjadi akibat asma yang tak terkontrol. Lantas, apa saja komplikasi asma yang harus diwaspadai?

Berbagai komplikasi asma yang bisa muncul

Asma akan semakin parah dan tidak terkendali jika Anda tidak rutin mengonsumsi obat yang dianjurkan dan masih terkena berbagai pemicu asma. Bila dibiarkan akan ada banyak komplikasi asma yang muncul.

1. Tidak bebas beraktivitas

Asma membuat Anda tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik, bahkan bisa sampai menyebabkan produktivitas menurun.  Memiliki asma yang tak terkendali akan membuat Anda cepat lelah, karena oksigen yang masuk ke dalam tubuh tidak optimal.

2. Mengalami gangguan tidur

Menurut penelitian yang dilakukan di 2016, sebanyak 75 persen pengidap asma mengalami gangguan tidur di malam hari . Padahal, gangguan tidur ini akan menyebabkan berbagai masalah dan gangguan lain, misalnya pusing, tubuh jadi semakin lemas, dan stres.

Jika sudah begitu, aktivitas jadi terganggu dan Anda akan susah fokus dengan pekerjaan.

3. Timbul masalah psikologi

Faktanya, penyakit asma yang tak terkendali berhubungan langsung dengan stres, gangguan kecemasan, hingga depresi. Bila asma tak diobati dan dikendalikan dengan baik, bukan tidak mungkin Anda mengalami gangguan psikologis tersebut. 

Tentu saja, gangguan psikologis itu akan memengaruhi aktivitas dan kehidupan Anda sehari-hari.

4. Membutuhkan biaya pengobatan yang lebih banyak

Saat seseorang mengidap asma dan tidak mengendalikannya dengan baik, bukan tidak mungkin kondisi kesehatannya semakin memburuk.

Ketika hal itu terjadi, pengobatan rawat inap mungkin saja dibutuhkan supaya kondisi cepat pulih. Nah, tentu saja pengobatan rawat inap membutuhkan biaya yang lebih besar ketimbang pengobatan rawat jalan.

5. Komplikasi pada saluran pernapasan

Meskipun jarang terjadi, asma terkadang dapat menyebabkan komplikasi pernafasan yang mengancam jiwa termasuk pneumonia (infeksi paru-paru), pneumotoraks (kolaps sebagian atau seluruh paru-paru), kegagalan pernafasan atau status asmatikus (serangan asma berat yang tidak berespon terhadap pengobatan).

Menurut Global Initiative for Asthma, sekitar satu dari 250 kematian terjadi setiap tahun di seluruh dunia karena asma. Tetapi banyak dari kematian ini sebenarnya dapat dicegah dengan gejala dan perawatan darurat yang tepat.

Tanpa kontrol yang tepat, asma dapat memiliki efek buruk pada kualitas hidup. Ini tidak hanya akan menyebabkan kerugian besar bagi Anda dan keluarga tetapi dapat menyebabkan konsekuensi sosial yang serius.

Dengan demikian, pemahaman mendalam tentang asma dan manajemen yang tepat harus dilaksanakan sejak awal penyakit. Mengetahui komplikasi asma juga dapat membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya penatalaksanaannya.

The post 5 Komplikasi yang Bisa Muncul Jika Asma Tak Ditangani Dengan Baik appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2IeCkUh


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar