Yuk Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan KB Suntik

Dari sekian banyak alat kontrasepsi yang tersedia untuk mencegah kehamilan, KB suntik adalah salah satu yang cukup populer di Indonesia. KB ini berisi hormon progesteron sintetis yang disuntikkan pada lengan atas atau di bokong untuk mencegah terjadinya ovulasi. Jika Anda tidak berovulasi, maka Anda tidak bisa hamil karena tidak ada sel telur yang dapat dibuahi. Nah ada baiknya pelajari dulu kelebihan dan kekurangan KB suntik sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya.

Apa saja kelebihan KB suntik?

bolehkah suntik kb saat puasa

Menurut Planned Parenthood, organisasi nonprofit yang menyediakan pelayanan kesehatan reproduksi di Amerika Serikat, KB suntik bisa 99% efektif mencegah kehamilan jika dilakukan dengan benar. Hanya 3 dari 100 wanita yang dilaporkan kebobolan hamil setelah pakai KB ini karena penggunaan yang keliru.

Satu kali suntik hormon ini mampu mencegah kehamilan selama 2-3,5 bulan (8-13 minggu). Maka, Anda tidak perlu repot mengingat jadwal minum dosis atau bolak-balik isi ulang resep seperti pil KB. Anda hanya perlu pergi ke dokter setiap 3 bulan sekali untuk mendapat suntikan

Berbagai kelebihan lainnya yang juga penting diketahui:

  • Tidak mengganggu kegiatan seks Anda dengan pasangan. Dibandingkan KB spiral, banyak pria dan wanita yang sering mengeluhkan bahwa tali KB yang menggantung membuat seks terasa sedikit tidak nyaman.
  • Kontrasepsi yang aman untuk ibu menyusui.
  • Tidak bereaksi negatif terhadap obat-obatan lain yang sedang Anda gunakan.
  • Meringankan gejala PMS, masalah haid yang diakibatkan endometriosis, dan haid yang menyakitkan setiap bulannya.
  • Tidak berbahaya bagi wanita dengan penyakit anemia sel sabit.

Kekurangan KB suntik

efek samping kb suntik

Di samping kelebihan, KB suntik juga memiliki berbagai kekurangan dan efek samping yang perlu Anda pertimbangkan. Di antaranya:

  • Siklus menstruasi jadi tidak teratur. Bisa jadi lebih lama, lebih cepat, lebih sedikit, atau bahkan benar-benar berhenti sama sekali.
  • Mengalami berbagai efek samping umum seperti sakit kepala, jerawat, rambut rontok, suasana hati mudah berubah, hingga gairah seks yang menurun. Efek samping ini bisa bertahan selama 2 hingga tiga bulan ke depan sampai kadar progesteron sintetisnya habis/keluar dari tubuh.
  • Butuh waktu hingga satu tahun agar siklus haid kembali normal dan bisa memulai program hamil.
  • Sebagian orang mengalami peningkatan berat badan setelah suntik KB.
  • Tidak melindungi Anda dari risiko penyakit kelamin menular. Maka, Anda tetap perlu pakai kondom saat berhubungan seks.

The post Yuk Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan KB Suntik appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2MD2y8y


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar