Sebelum Pilih Asuransi, Pertimbangkan Dulu 10 Hal Ini Dengan Matang

Asuransi kesehatan memudahkan Anda untuk mendapatkan fasilitas kesehatan dan meringankan pengobatan ketika penyakit menyerang. Akan tetapi, apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum memilih asuransi kesehatan? Coba tanyakan 10 pertanyaan ini pada diri Anda.

1. Jenis asuransi seperti apa yang saya butuhkan?

jenis asuransi

Ketika akan mendaftarkan diri dalam asuransi, Anda harus hati-hati jangan mudah tergiur dengan segala tawaran. Pilih jenis asuransi yang seperlunya dan sesuai dengan kebutuhan.

Terkadang banyak tawaran menjebak atau diskon-diskon tertentu yang membuat calon nasabah jadi mengambil jenis paket asuransi yang tidak dibutuhkan bahkan melebihi kemampuan mereka.

2. Apakah penyedia asuransi yang saya pilih sudah tepat?

klaim asuransi kesehatan cashless

Memilih perusahaan penyedia asuransi tidak main-main. Anda harus jeli dan teliti saat memilihnya. Lebih baik pilih perusahaan yang punya rekam jejak yang sudah terpercaya dan berkualitas bagus sebagai penyedia asuransi.

Lihat juga apa saja jenis dan layanan asuransi yang ditawarkan. Pertimbangkan pula kemudahan administrasi dan proses klaim pada penyedia asuransi tersebut.

Cari informasi melalui website atau menghubungi masing-masing penyedia asuransi. Kemudian bandingkan satu persatu lihat mana yang memberikan banyak keuntungan dengan pelayanan yang baik.

3. Berapa banyak pilihan rumah sakit yang saya butuhkan?

penyakit menular di rumah sakit

Tentu, semakin banyak daftar rumah sakit yang bekerja sama dengan penyedia asuransi, semakin baik pula untuk Anda. Hal ini memudahkan Anda untuk mendapatkan pelayanan medis di mana pun, tidak terbatas jarak.

Pilih asuransi yang memiliki jaringan dengan banyak rumah sakit yang pelayanannya lengkap dan lokasinya dekat jangkauan Anda bekerja atau tempat tinggal.

4. Apakah saya mampu melunasi premi yang diajukan?

Asuransi untuk kesehatan memang bisa meringankan biaya pengobatan ketika sakit, tapi jangan sampai Anda malah tersiksa karena harus membayar premi yang cukup menguras kantong.

Dalam memilih asuransi kesehatan, Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan keuangan Anda dan keluarga. Bandingkan berbagai jenis asuransi yang ada, lihat berapa premi yang harus dibayarkan per bulan dan apa saja yang Anda dapatkan.

Jangan lupa untuk melihat ketentuan kapan pembayaran premi tersebut harus dilunasi dan sampai kapan premi tersebut berjalan. Ini semua harus Anda ketahui dahulu sebelum membeli asuransi. Jangan sampai ketika sudah membeli justru Anda tidak menyanggupi prosedur ini.

Sebab, setiap asuransi untuk kesehatan memiliki sistem yang berbeda-beda, khususnya asuransi swasta. Ada yang mengharuskan nasabahnya membayar premi hingga berusia 70 tahun, ada yang seumur hidup, dan lain sebagainya.

Perhatikan ketentuan ini, jangan sampai uang yang Anda investasikan justru malah membuat Anda jadi susah.

5. Biaya penggantian dana seperti apa yang saya butuhkan?

cara Daftar bpjs kesehatan

Sebelum memilih asuransi kesehatan, Anda harus tahu dulu bahwa ada beberapa cara penggantian biaya pengobatan, yaitu cashless (tanpa uang kontan) dan  reimbursement (bayar terlebih dahulu).

Anda harus paham, penyedia asuransi yang akan Anda pilih ini menggunakan sistem seperti apa. Sebab, akan beda penggunaannya ketika Anda sakit.

Jika asuransi yang Anda pilih menggunakan metode cashless, maka Anda tidak akan mengeluarkan uang apapun ketika melakukan pengobatan. Biaya akan langsung ditanggung oleh perusahaan asuransi. Yang Anda butuhkan hanya bukti keanggotaan ketika berobat.

Namun, ada juga asuransi yang masih menggunakan cara reimbursement, cara ini mengharuskan Anda untuk membayar dulu biaya pengobatan yang telah dilakukan. Penggantian dana bisa Anda lakukan setelahnya dengan melampirkan berbagai dokumen yang dibutuhkan perusahaan asuransi.

Ketahui dan kenali kebutuhan Anda saat ini, apakah asuransi yang sudah cashless atau tidak masalah dengan metode reimbursement?

6. Apa saja layanan rawat inap dan rawat jalan yang akan didapatkan?

cara menggunakan BPJS rawat inap

Biasanya, asuransi akan menanggung biaya ketika rawat inap maupun rawat jalan. Pastikan untuk mengetahui apa saja fasilitas rawat inap dan rawat jalan yang akan Anda dapatkan jika memilih asuransi tersebut.

Apakah biaya obat, tes medis tertentu, hingga konsultasi dokter saat rawat jalan ditanggung atau tidak. Tanyakan juga berapa biaya rawat inap dalam satu hari yang ditanggung oleh asuransi.

Umumnya, beda jenis asuransi beda pula kelas kamar rawat inap yang didapatkan. Lagi-lagi, sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga ketika memilih asuransi kesehatan ini.

7. Berapa banyak limit biaya yang akan ditanggung asuransi?

tanggungan bpjs kesehatan

Meskipun asuransi membiayai pengobatan Anda, tapi tak semua pemeriksaan dan perawatan ditanggung. Setiap perusahaan asuransi memiliki masing-masing batasan biaya yang harus dikeluarkan untuk satu orang nasabah.

Dalam praktiknya, biasanya ada 2 limit yang berlaku pada produk asuransi, yakni limit pengobatan total dan limit per satu perawatan. Sebaiknya, pilih asuransi yang menerapkan sistem limit pertanggungan total bukan limit per perawatan.

Jika per satu perawatan, contohnya , jenis limit ini akan membatasi biaya operasi sebesar 10 juta per tahun, biaya rawat inap 20 juta per tahun, biaya konsultasi 10 juta per tahun.

Ketika Anda mengalami penyakit tertentu dan harus dioperasi lebih dari 10 juta, maka Anda harus menanggungnya sendiri. Sedangkan dengan limit pertanggungan total tidak dilihat pembiayaan per jenis perawatan, yang dilihat adalah total keseluruhannya.

8. Apakah membayar preminya cukup mudah bagi saya?

sumber bakteri

Lebih baik memilih asuransi kesehatan yang mudah diakses, termasuk ketika membayar premi. Perhatikan cara pembayaran premi yang telah ditentukan oleh penyedia asuransi. Apakah cara tersebut memudahkan Anda atau justru bikin repot.

Misalnya menggunakan auto debit atau kartu kredit, atau melalui mini market, kantor pos, atau melalui ATM. Pilihlah asuransi kesehatan yang pembayaran preminya bisa memudahkan Anda.

9. Apakah asuransi ini menanggung biaya medical check up?

pemeriksaan kesehatan tahunan medical check up

Beberapa asuransi ada yang menyediakan medical check up (MCU)dan ada pula yang tidak menyediakannya. Kebanyakan memang tidak menyediakan mcu. Kalaupun memang ada ini akan memengaruhi jumlah premi yang dibayarkan. Jadi Anda perlu memastikan sejak awal apakah ditanggung atau tidak

10. Apakah produk yang dipilih itu asuransi utama? Bukan program tambahan?

daftar BPJS kesehatan

Ada 2 jenis produk asuransi untuk kesehatan., yaitu asuransi utama dan tambahan.

Asuransi utama hanya menanggung biaya untuk pengobatan dan tes medis saja ketika sakit. Sedangkan asuransi kesehatan dengan tambahan adalah penggantian seluruh biaya rumah sakit kalau misalnya terjadi kecelakaan, perawatan penyakit kritis, sampai pemberian santunan ketika meninggal dunia.

Asuransi kesehatan tambahan ini sebenarnya berfungsi untuk mengoptimalkan asuransi kesehatan yang utamanya.

Untuk itu, sebaiknya Anda pastikan kembali apakah biaya preminya akan bertambah jika memilih produk asuransi tambahan. Lalu apa saja kejadian kecelakaan yang ditanggungnya, minta ilustrasinya hingga Anda benar-benar paham dan tidak bingung memilih yang mana.

The post Sebelum Pilih Asuransi, Pertimbangkan Dulu 10 Hal Ini Dengan Matang appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2wjlNcU


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar