Pekerja Lepas Juga Perlu Askes, Begini Panduan Memilih dan Membuatnya

Menjadi freelancer atau pekerja lepas mungkin jadi pilihan bagi beberapa orang. Terutama karena waktu kerja yang lebih fleksibel, dapat bekerja di beberapa perusahaan, atau karena berkesempatan mendapat penghasilan yang lebih besar. Sayangnya, karena tidak terikat oleh perusahan, asuransi kesehatan tentu tidak akan diurus oleh perusahaan. Lalu, bagaimana caranya memilih dan membuat asuransi kesehatan bagi pekerja lepas? Simak panduannya berikut ini.

Panduan memilih dan membuat asuransi kesehatan untuk pekerja lepas

Pekerjaan apa pun, termasuk pekerja lepas perlu memiliki asuransi kesehatan. Kenapa? Kesehatan itu penting bagi semua orang. Agar asuransi kesehatan yang Anda miliki sesuai dengan keuangan Anda dan tidak membuat Anda terbebani, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Pahami dulu tujuan Anda membuat asuransi kesehatan sendiri

tips mengusir rasa lelah capek

Menjadi seorang pekerja, apalagi sering kali lembur bisa membuat tubuh Anda cepat lelah dan gampang sakit. Nah, kondisi ini juga sama berlakunya dengan pekerja lepas sekalipun, walaupun tidak wajib masuk ke kantor dan tidak diatur dengan jam kerja. Jadi, risiko penyakit apa saja bisa terjadi kapan saja.

Nah, memiliki asuransi kesehatan, termasuk dalam perencanaan keuangan dan kesehatan Anda. Asuransi kesehatan dapat membantu meringankan biaya pengobatan medis jika suatu saat Anda jatuh sakit. Anda juga lebih mudah untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik.

Pekerja lepas umumnya tidak mendapat jaminan kesehatan dari perusahaan. Itulah sebabnya jika Anda sudah paham bahwa asuransi kesehatan itu penting, Anda harus mengandalkan diri sendiri untuk mendaftarkan diri sendiri sebagai anggota dari perusahaan asuransi kesehatan.

2. Pertimbangkan beberapa hal sebelum membuat asuransi kesehatan

posisi duduk

Memilih asuransi kesehatan, tidak boleh sembarangan. Sebab nantinya akan menjadi tanggungan dan Anda; apa saja pelayanan yang Anda dapatkan, kewajiban apa saja yang perlu penuhi, dan tentunya memudahkan akses kesehatan Anda atau tidak.

Jadi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menetapkan hati pada salah satu asuransi kesehatan, seperti:

Pelajari pengetahuan umum mengenai asuransi

Setelah Anda tahu apa tujuan memiliki asuransi, Anda harus tahu pengetahun dasar mengenai asuransi. Ada bisa mecari tahu mengenai premi, plafon, fasilitas kesehatan, dan lain-lain supaya akan membantu Anda dalam memilih asuransi yang tepat.

Lihat jenis tanggungan dan lakukan perbandingan

Setiap perusahaan asuransi memberikan jaminan pelajayanan kesehatan  yang berbeda-beda. Ada yang memberikan jaminan biaya pengobatan, mulai dari biaya pengobatan penyakit ringan sampai operasi penyakit kritis. Bahkan, ada pula menjami biaya pengobatan alternatif. Tapi, ada pula yang penawarannnya terbatas, misalnya memberikan jaminan rawat inap, tapi tidak dengan obat-obatan dan kunjungan dokter.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa jaminan pelayanan yang lebih lengkap biasanya akan dikenakan premi (iuran) tambahan sehingga iuran yang harus Anda keluarkan jadi lebih besar. Setelah mengetahui jenis tanggungan dari beberapa perusahaan asuransi, lakukan perbandingan.

Pilih asuransi kesehatan sesuai kebutuhan dan keuangan Anda

Menjatuhkan pilihan pada satu asuransi kesehatan, memerlukan banyak pertimbangan. Selain jenis tanggungan, kredibilitas perusahaan, Anda juga harus mengukur seberapa mampu Anda membayar premi.

Pengeluaran untuk iuran yang harus dibayarkan tentu akan memengaruhi keuangan Anda. Jadi, pilih besaran premi yang mampu Anda bayar nantinya. Apalagi bagi Anda yang seorang pekerja lepas; gaji dan pekerjaannya tidak tetap.

3. Cara mendaftar jadi anggota asuransi kesehatan

asuransi untuk kesehatan

Cara membuat asuransi kesehatan baik itu swasta maupun dari pemerintah, seperti JKN KIS dibawah naungan BPJS sebenarnya sama saja. Anda perlu melengkapi data melampirkan beberapa berkas data pribadi.

Anda bisa mengunjungi kantor asuransi terdekat atau mendaftar secara online. Anda bisa memilih akses mana yang lebih mudah bagi Anda. Jika sudah mendaftar asuransi, jangan lupa untuk mengikuti semua aturan dan memahami kebijakan dari asuransi kesehatan yang Anda pilih.

The post Pekerja Lepas Juga Perlu Askes, Begini Panduan Memilih dan Membuatnya appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2MIBTXZ


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar