Pasangan Positif HIV, Apakah Saya Perlu Minum Obat PrEP Agar Tidak Tertular?

Ketika Anda terinfeksi HIV, Anda akan memilikinya seumur hidup. HIV juga tidak ada obat penyembuhnya. Hal inilah yang membuat HIV menjadi momok yang menakutkan di tengah masyarakat. Apalagi jika mendengar pasangan positif HIV. Anda mungkin juga khawatir akan tertular HIV darinya. Pasalnya, virus HIV sangat mudah menular lewat hubungan seks.

Maka apabila Anda tinggal serumah dengan seseorang yang positif HIV, Anda perlu mengetahui cara-cara untuk melindungi diri sendiri dari penularan HIV. Salah satu caranya adalah dengan minum obat PrEP.

Haruskah saya minum PrEP jika pasangan positif HIV?

Begitu dokter tahu bahwa pasangan Anda positif HIV, ia biasanya akan memberikan resep obat PrEP bagi Anda. Obat PrEP (Pre-Exposure Prophylaxis) adalah obat pencegah penularan infeksi bagi orang-orang yang berisiko tinggi tertular HIV. Dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, PrEP adalah kombinasi dua obat HIV yaitu tenofovir dan emtricitabine yang dijual dengan nama Truvada®.

Lantas, seberapa penting bagi Anda untuk minum PrEP jika pasangan positif HIV? Jawabannya, harus karena sangat penting dan sangat perlu. Masih menurut CDC, PrEP adalah salah satu cara yang efektif untuk mencegah HIV jika digunakan secara konsisten. Anda dianjurkan untuk minum obat ini satu kali sehari untuk mencegah penularan infeksi HIV dari pasangan yang positif HIV.

PrEP mampu melindungi Anda secara maksimal dari HIV yang ditularkan melalui seks anal setelah 7 hari penggunaan. Sementara itu, PrEP dapat melindungi secara maksimal dari penularan HIV lewat seks vaginal dan penggunaan jarum suntik setelah 20 hari dikonsumsi. Obat ini dapat ditolerir dengan baik oleh tubuh hingga lima tahun penggunaan.

Tetap harus pakai kondom saat berhubungan seks, meski rutin minum PrEP

Meski begitu, PrEP tidak otomatis 100% membuat Anda terbebas dari HIV. Digunakan sendiri, kemanjurannya hanya sekitar 92 persen untuk menurunkan risiko Anda tertular HIV.

Untuk semakin meningkatkan efektivitasnya demi mencegah HIV, tetap penting bagi Anda berdua untuk selalu mempraktekkan seks aman dengan pakai kondom. Rutin minum PrEP dan selalu menggunakan kondom saat berhubungan seks dengan pasangan yang positif HIV bisa menjamin Anda 100% terhindar dari risiko penularan HIV.

Selain itu, penggunaan kondom juga dapat memberikan Anda perlindungan dari risiko penyakit menular seksual lainnya seperti kencing nanah (gonore) atau klamidia. Minum PrEP saja tidak akan melindungi Anda dari risiko penyakit kelamin.

Penting juga menjalani tes HIV dan penyakit kelamin secara rutin bersama-sama.

cara minum obat

Apa lagi yang perlu saya ketahui tentang PrEP?

PrEP termasuk obat yang minim risiko efek samping sehingga aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Efek samping PrEP yang paling umum adalah mual, tapi tidak parah sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Anda juga bisa menghentikan penggunaan PrEP jika risiko paparan HIV menurun. Misalnya, Anda berhenti gonta-ganti pasangan seks atau tidak lagi menggunakan jarum suntik bersama-sama. Namun, Anda tetap perlu mengonsultasikan ke dokter jika berencana untuk menghentikan penggunaan obat yang satu ini.

The post Pasangan Positif HIV, Apakah Saya Perlu Minum Obat PrEP Agar Tidak Tertular? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2wemZ1g


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar