Apakah Bayi Boleh Minum Susu Almond?

Susu almond adalah alternatif umum untuk pengganti susu sapi bagi orang dewasa. Namun, bayi yang masih dalam masa perkembangan memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda. Umumnya bayi dalam masa perkembangan ini membutuhkan air susu ibu (ASI). Atau jika ASI Anda tidak cukup, Anda juga bisa memberikan susu formula. Namun, apakah susu almond bisa menjadi pengganti susu yang baik untuk bayi? Bolehkah bayi minum susu almond?

Bolehkah bayi minum susu almond?

Susu almond terbuat dari kacang almond yang digiling halus dan ditambah dengan bahan lain seperti air, pengental, pemanis, dan perasa vanila. Banyak produsen juga menambahkan nutrisi, seperti vitamin A, vitamin D, dan kalsium.

Beberapa orangtua mungkin memberikan susu almond pada anak yang intoleran laktosa atau jika harus menghindari susu karena alasan lain.

Balita dapat minum susu almond setelah ia berusia lebih dari 12 bulan, karena pencernaannya sudah mulai matang dan siap menerima berbagai jenis makanan. Si kecil boleh minum susu almond satu atau dua kali sehari selama masih menyusui atau makanan makanan yang lain.

Hindari memberikan susu almond terlalu banyak karena membuat asupan lemaknya berlebih dan kebutuhan zat besinya bisa kurang. Kondisi ini dapat menimbulkan anemia pada bayi. Untuk memenuhi kebutuhannya, si kecil tetap memerlukan ASI atau susu formula.

Apakah bisa susu almond menggantikan susu formula atau bahkan ASI?

minum susu pakai gelas

Susu almond bisa menjadi nutrisi yang aman untuk dikonsumsi balita, tetapi tetap saja tidak ada yang bisa menandingi nutrisi yang ada di dalam susu formula, apalagi nutrisi pada ASI.

Ini berarti Anda tidak bisa menggunakan susu almond sebagai pengganti ASI dan susu formula. Karena bayi yang masih dalam masa perkembangan membutuhkan vitamin dan nutrisi khusus yang disediakan oleh ASI atau susu formula.

Jika Anda berpikir bahwa anak Anda intoleran laktosa, segera bicarakan dengan dokter anak Anda. Dokter akan memberikan solusi untuk ini.

Namun, biasanya intoleran laktosa lebih sering terjadi pada anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa, dibandingkan pada bayi dan balita.

Tips memilih susu almond untuk si kecil

susu menyebabkan kanker

Jika Anda memilih susu almond sebagai pelengkap diet balita Anda, pastikan bahwa:

  • susu rendah gula atau tidak manis
  • susu diperkaya dengan kalsium dan vitamin A dan D
  • bayi mengonsumsi lemak dan protein lainnya

Selain itu, tanyakan juga pada dokter anak Anda tentang bahan-bahan tambahan yang ada di dalam susu almond, seperti perasa dan pengental.

Penting juga untuk mengetahui apakah si kecil memiliki alergi kacang. Jika ia memiliki alergi kacang, sebaiknya hindari kacang sama sekali dan tanyakan dokter anak sebelum memeberikan susu kacang pada si kecil.

Adakah risiko saat minum susu almond?

Susu almond bisa dijadikan pengganti susu sapi yang sehat, tetapi bukan sumber kalsium yang baik kecuali jika diperkaya.

Penting bagi anak-anak dan remaja untuk mendapatkan kalsium yang cukup, karena tulang membutuhkan kalsium sampai sekitar usia 30 tahun. Kurangnya kalsium dapat menyebabkan massa tulang yang rendah, osteoporosis, dan patah tulang.

Karena itu lebih baik pilih merek susu yang diperkaya dengan kalsium, dan hindari merek yang diberi pemanis buatan atau pemanis lainnya. Selain itu, pastikan pola makan balita Anda mengandung banyak sumber protein.

The post Apakah Bayi Boleh Minum Susu Almond? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2osB4DV


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar