5 Penyebab Gusi Berdarah yang Paling Sering Dialami

Gusi berdarah sering jadi keluhan umum bagi beberapa orang. Kondisi ini kadang menyebabkan rasa perih, terutama saat makan atau menggosok gigi. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda perlu tahu penyebab gusi berdarah lebih dulu. Apa saja penyebabnya? Cari jawabannya berikut ini.

Penyebab gusi berdarah yang kerap terjadi

Ada banyak penyebab gusi berdarah yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik

pasta gigi terbaik

Gusi adalah jaringan yang cukup lunak, gesekan keras seperti menyikat gigi, bisa membuat gusi bengkak dan berdarah. Jarang menyikat gigi juga bisa menyebabkan kondisi yang sama.

Jadi, Anda harus rutin menyikat gigi dengan pasta gigi flouride, sebanyak dua kali sehari. Pilih sikat gigi yang berbulu lembut dan hati-hati dalam menggosokkannya pada gigi.

2. Anda memiliki gingivitis

Jarang membersihkan gigi dan mulut, akan menyebabkan plak dan bakteri menumpuk pada gigi. Seiring waktu gusi  Anda bisa memerah, bengkak, mudah berdarah, dan menimbulkan rasa sakit. Kondisi itu termasuk gejala dari gingivitis.

Tanpa perawatan, jaringan pada gusi akan rusak dan akibatnya gigi jadi lebih mudah lepas. Jadi, Anda harus menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan baik dan benar. Jangan lupa juga rutin memeriksa gigi Anda ke dokter supaya kesehatan mulut selalu terjaga.

3. Merokok

rokok damiana rokok herbal

Seorang perokok dua kali lebih berisiko terkena berbagai penyakit gusi. Kenapa? Bahan kimia dari rokok yang masuk ke tubuh, bersifat racun yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Akibatnya, tubuh tidak mampu melawan bakteri pada mulut. Selain berisiko besar terkena penyakit gusi, merokok juga memperlambat penyembuhan gusi yang rusak atau terluka. Solusi terbaik, Anda harus menghentikan kebiasaan merokok.

4. Minum obat tertentu

obat tbc

Menggunakan obat tertentu bisa memengaruhi gusi Anda. Contohnya, obat antikejang dan obat pengendali tekanan darah, obat antidepresan dan juga antihistamin. Obat tersebut dapat membuat mulut kering dan gusi jadi lebih mudah berdarah.

Konsultasikan pada dokter untuk meresepkan obat lain yang tidak memengaruhi gusi Anda dan perbanyak minum air putih.

5. Suka makanan manis

makanan manis bikin kulit keriput

Cokelat dan permen memang terasa manis dan mengenakan. Namun, sering kali tersangkut pada gigi setelah Anda makan. Jika suka dengan makanan manis, Anda harus rajin untuk membersihkan gigi setelah makan.

Sisa makanan bisa menyebabkan kesehatan mulut dan gigi jadi buruk, mudah sekali membuat gusi atau gigi meradang serta mudah berdarah.

The post 5 Penyebab Gusi Berdarah yang Paling Sering Dialami appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2wlerWB


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar