5 Mitos Seputar Persalinan yang Terbukti Salah Besar

Meski ilmu pengetahuan sudah berkembang pesat, masih banyak saja mitos persalinan yang beredar di masyakakat. Hal ini sering membuat para ibu hamil jadi takut menghadapi persalinan. Yuk, cari tahu fakta di balik semua mitos persalinan yang ada.

Berbagai mitos persalinan yang tak perlu Anda percaya lagi

 1. Air ketuban yang pecah pertanda Anda akan segera melahirkan

ketuban pecah sebelum waktunya

Faktanya, ketuban yang pecah tidak selalu menandakan bahwa Anda akan bersalin dalam waktu dekat.

Laura Dean, M.D., seorang dokter kandungan dari Stillwater Medical Group di Minnesota, mengungkap kepada Parents bahwa sekitar 85 persen wanita langsung bersalin dalam waktu 24 jam setelah ketubannya pecah. Namun, 15 persen wanita lainnya membutuhkan waktu 4 sampai 5 hari menjelang waktu melahirkan.

2. Pemberian induksi akan mempercepat persalinan

induksi persalinan melahirkan

Pemberian induksi ternyata tidak selalu mempercepat proses persalinan. Pasalnya, setiap wanita memiliki respon yang berbeda-beda terhadap induksi.

Ibu hamil yang telah mengalami pelebaran dan penipisan serviks cenderung lebih baik dalam merespon induksi sehingga proses melahirkan jadi lebih cepat. Di sisi lain, sebagian wanita lainnya justru mengalami waktu melahirkan yang lebih lama dan lebih sakit karena tubuhnya belum siap untuk melahirkan.

3. Melahirkan itu sudah pasti sakit

melancarkan persalinan

Mitos persalinan yang satu ini adalah mitos yang paling banyak ditakutkan oleh para ibu hamil. Padahal kenyataannya, tidak semua proses persalinan itu sakit, lho.

Setiap wanita punya batas toleransi sakit yang berbeda-beda. Semakin besar penerimaan Anda saat melahirkan, maka semakin mudah pula Anda menahan rasa sakit saat melahirkan.

4. Punya panggul besar dapat mempercepat persalinan

kecemasan ibu hamil menjelang persalinan

Mitos persalinan yang satu ini masih banyak diyakini oleh sebagian ibu hamil. Padahal, wanita dengan panggul yang besar tidak dijamin akan menjalani persalinan yang mudah.

Meski dari luar terlihat besar, tidak sedikit wanita yang nyatanya memiliki panggul yang kecil. Akibatnya, proses persalinan menjadi lebih sulit dan lama.

5. Proses persalinan kedua lebih mudah

kapan sebaiknya hamil anak kedua

Memang, persalinan kedua, ketiga, dan seterusnya umumnya berjalan lebih cepat. Ini karena kondisi serviks, otot dasar panggul, dan jalan lahir sudah ‘dibuka’ dengan proses melahirkan anak pertama.

Meski begitu, ini bukan berarti persalinan yang kedua juga tidak akan sesakit persalinan pertama. Rasa sakit sudah menjadi hal yang wajar saat bersalin, tapi setidaknya rasa sakit di persalinan kedua cenderung tidak akan bertahan lama.

The post 5 Mitos Seputar Persalinan yang Terbukti Salah Besar appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2PIAIpp


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar