4 Penyebab Gusi Bengkak yang Paling Umum

Tak hanya gigi, gusi termasuk salah satu bagian mulut yang rentan mengalami masalah. Gusi bengkak adalah salah satu masalah umum pada gusi. Ada berbagai hal yang bisa jadi penyebab gusi bengkak. Mungkin salah satunya sedang Anda alami.

Penyebab gusi bengkak yang paling umum

Dilansir dari Healthline, gusi bengkak bisa disebabkan oleh:

Kehamilan

tensi rendah saat hamil

Ibu hamil sangat rentan mengalami gusi bengkak. Umumnya karena hormon kehamilan yang membuat tubuh memproduksi darah lebih banyak dari biasanya, sehingga gusi lebih mudah teriritasi hingga berujung bengkak. Selain itu, perubahan hormon selama kehamilan juga menghambat kemampuan tubuh untuk melawan bakteri yang biasa menjadi penyebab infeksi gusi. Akhirnya, pembengkakan pada gusi pun tidak bisa dihindari.

Gingivitis

gingivitis

Gingivitis adalah penyakit yang paling sering menyebabkan gusi menjadi iritasi dan bengkak. Gingivitis atau radang gusi biasanya disebabkan karena kebersihan mulut yang buruk.

Kondisi mulut yang kotor memudahkan plak sisa makan menumpuk di gusi dan juga gigi. Plak yang tidak dibersihkan akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi. Nah, karang gigi inilah yang akan menjadi penyebab gingivitis.

Gigi yang kotor juga rentan berlubang. Gigi berlubang yang tidak diobati dapat menjadi penyebab gusi bengkak akibat munculnya abses (benjolan bernanah) pada gusi.

Sariawan

infeksi gusi

Gusi bengkak bisa jadi akibat sariawan karena infeksi jamur.

Selain itu, infeksi virus herpes juga bisa menyerang daerah mulut dan mengakibatkan pembengkakan gusi. Kondisi herpes oral ini disebut herpes gingivostomatitis akut.

Kekurangan vitamin

vitamin saat puasa

Kekurangan vitamin, terutama vitamin B dan C, bisa jadi penyebab gusi bengkak. Vitamin C berperan penting untuk memproduksi kolagen yang ikut membentuk jaringan gusi. Oleh karena itu, salah satu efek samping yang mungkin terjadi jika Anda kekurangan vitamin C adalah sariawan dan gusi yang membengkak. Vitamin B membantu pertumbuhan sel dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh termasuk gusi.

Maka, jangan lupa untuk selalu mencukupi kebutuhan vitamin harian Anda lewat makanan sehat. Vitamin C mudah ditemukan dalam jeruk, jambu biji, nanas, mangga, dan semangka. Sumber makanan tinggi vitamin B termasuk daging dan ikan, susu dan produk susu (yogurt, keju, mentega), kentang, dan sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan brokoli. Jika Anda tidak bisa mencukupinya dari makanan, konsultasi ke dokter untuk mendapatkan takaran dosis suplemen vitamin yang tepat.

The post 4 Penyebab Gusi Bengkak yang Paling Umum appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2LunuZJ


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar