Kata Penelitian, Diet Mediterania Bisa Tingkatkan Keberhasilan Bayi Tabung

Bagi Anda yang sedang menunggu-nunggu momongan datang, mungkin sudah mencoba berbagai cara. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan melakukan program bayi tabung. Memang tidak semua program bayi tabung akan berhasil, beberapa di antaranya bahkan gagal. Namun, sebuah penelitian baru yang dipublikasikan dalam jurnal Human Reproduction mengatakan bahwa diet mediterania dari Yunani, dapat meningkatkan keberhasilan program bayi tabung. Bagaimana bisa?

Diet mediterania bantu meningkatkan kesuburan

Sebuah penelitian baru dari Harokopion University of Athens menemukan bahwa diet mediterania bisa memengaruhi tingkat kesuburan wanita yang sedang menjalani program hamil melalui IVF (in fitro vertilization).

Studi ini mendata sebanyak 244 wanita yang dalam 6 bulan yang akan menjalani program hamil IVF untuk pertama kalinya. Dari penelitian tersebut, diketahui bahwa wanita yang dalam dietnya lebih banyak mengonsumsi sayuran segar, buah-buahan, biji-bijian, kacang polong, ikan, dan minyak zaitun seperti anjuran diet mediterania, punya peluang hamil 66 persen lebih besar daripada wanita yang tidak menjalani diet tersebut.

Temuan ini juga menyuarakan pentingnya untuk makan makanan sehat untuk meningkatkan kesuburan dan kerja organ reproduksi wanita. Selain itu, penelitian tersebut juga menemukan hasil yang baik bagi pria yang menjalani diet asal Yunani ini. Diet ini dapat meningkatkan kualitas sperma untuk pembuahan kehamilan.

Apa saja yang harus dimakan ketika menerapkan diet mediterania?

Diet mediterania adalah diet yang sebagian besar asupan makannya terdiri dari buah, sayuran, biji-bijian, pasta, beras dan minyak zaitun. Selain itu, di dalam diet tersebut Anda juga boleh menambahkan:

  • Keju rendah lemak
  • Buah-buahan seperti anggur dan buah zitun
  • Yoghurt plain
  • Ikan
  • Telur
  • Daging unggas
  • Kacang-kacangan

Di dalam diet untuk meningkatkan kesuburan ini kebanyakan isinya adalah makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian dan ikan. Makanan tersebut bermanfaat untuk menyeimbangkan asupan lemak baik di tubuh, mengurangi peradangan di dalam tubuh dan meningkatkan kesehatan jantung.

Diet yang tepat harus dilakukan jauh sebelum program hamil dilakukan

Penelitian tersebut meminta para wanita untuk menerapkan diet mediterania enam bulan sebelum mereka melakukan program bayi tabung. Hal ini sebenarnya menandakan bahwa diet yang tepat sangat memengaruhi kesehatan reproduksi dan tingkat kesuburan wanita.

Maka itu, jika Anda ingin cepat hamil, sebaiknya mulailah terapkan diet yang sehat, seperti mengonsumsi sayuran, buah, serta sumber serat yang banyak dan menambah asupan berbagai vitamin.

Hindari makanan yang mengandung gula, kalori, serta lemak yang cukup tinggi, karena hal ini dapat memengaruhi kesehatan reproduksi dan bisa menaikkan berat badan.

Telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa wanita yang memiliki berat badan berlebih memiliki peluang hamil yang lebih kecil, termasuk ketika ia melakukan program bayi tabung.

Apakah saya harus mengonsumsi diet mediterania supaya program kehamilan berhasil?

Pada dasarnya, tak ada diet khusus yang bisa membantu meningkatkan kesuburan, yang terpenting Anda harus mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang seimbang supaya kesehatan reproduksi Anda selalu baik.

Bila Anda ragu dan bingung, terkait apa yang harus Anda makan supaya makin suburr, sebaiknya konsultasikan hal ini pada dokter dan ahli gizi Anda.

The post Kata Penelitian, Diet Mediterania Bisa Tingkatkan Keberhasilan Bayi Tabung appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2v3vbAb


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar