5 Kiat Sederhana Mengendalikan Gejala Penyakit Graves di Rumah

Penyakit Graves adalah kondisi adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan kelenjar tiroid menjadi terlalu aktif. Fungsi dari kelenjar tiroid adalah memproduksi hormon tiroid untuk mengendalikan aktivitas tubuh. Kelenjar tiroid yang terlalu aktif dapat menyebabkan hipertiroidisme. Bila sudah memiliki kondisi penyakit Graves, Anda bisa membantu mengendalikan kondisi tersebut dengan lima cara dan obat penyakit Graves alami berikut ini.

5 cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit Graves 

1. Jaga tingkat stres

jaga kesehatan stres

Beberapa penelitian yang melibatkan manusia dan hewan menunjukkan, bahwa stres dapat memicu reaksi autoimun dan membuat adanya peradangan di dalam tubuh jadi lebih buruk.

Selain itu, orang dengan penyakit Graves yang mengalami stres, perubahan fisik, dan kondisi psikologis memburuk. Ini bisa disebabkan karena perubahan neuroendokrin yang merusak jaringan sehat dalam tubuh orang dengan kondisi autoimun ini.

Supaya penyakit Graves yang Anda alami tidak semakin parah, mulailah mengelola stres Anda dengan baik. Anda bisa menghindari hal-hal yang memicu amarah, mencoba berolahraga setiap hari, bermeditasi, berdoa, atau berkumpul bersama teman-teman.

Berlibur, menghirup aroma terapi, atau melakukan akupuntur juga dapat membuat stres di tubuh jadi terkendali.

2. Menjalani diet Graves

diet keto saat puasa

Makan makanan sehat bisa menjadi obat penyakit Graves alami. Anda bisa melakukan diet penyakit Graves untuk mengurangi peradangan di dalam tubuh, untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menjaga kesehatan usus, dan mengelola sistem kekebalan imun tubuh agar lebih baik.

Peradangan pada usus yang memicu gangguan sistem kekebalan tubuh bisa disebabkan karena kekurangan nutrisi atau alergi makanan. Ada beberapa makanan yang harus Anda asup selama menjalani diet Graves:

  • Sayuran. Nutrisi sayuran hijau menyediakan nutrisi penting untuk melawan peradangan
  • Buah segar. Sebagai sumber antioksidan dan elektrolit untuk meningkatkan aktivitas sehari-hari bagi orang dengan masalah sistem kekebalan imun.
  • Bumbu rempah. Anda bisa menambahkan bumbu seperti kunyit, bawang putih, dan jahe untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh
  • Makanan probiotik. Anda bisa makan kimchi dan tempe untukmenyeimbangkan bakteri di dalam saluran pencernaan dan melawan sindrom usus bocor
  • Lemak omega-3. Anda bisa mendapatkan lemak baik ini lewat ikan untuk mengatasi peradangan dan membantu fungsi neurotransmitter

3. Olahraga rutin

olahraga untuk pcos

Olahraga bisa menjadi salah satu obat penyakit Graves alami. Olahraga baik untuk membantu mengendalikan stres dan menurunkan peradangan di dalam tubuh. Lakukan olahraga yang sederhana dan tidak berat. Anda juga bisa memilih melakukan olahraga favorit yang bisa mencegah Anda dari rasa bosan dan stres muncul.

Mendengarkan musik saat berolahraga juga bisa menjadi cara lain yang bisa membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks saat melakukan latihan.  

4. Hindari racun polusi

bahaya polusi udara

Banyaknya pembangunan dan hiruk pikuk di kota umumnya tidak luput dari racun kimia atau lingkungan yang bisa bikin sistem kekebalan tubuh bekerja lebih berat. Maka untuk mengatasi kondisi Graves secara alami, ada baiknya Anda menggunakan peralatan berbahan alami atau organik sehari-hari dibanding menggunakan berbahan kimia.

5. Lindungi bagian mata dari komplikasi

cara mengatasi mata kering

Jika Anda berisiko mengalami komplikasi dari penyakit Graves, ada baiknya Anda menjaga dan merawat bagian mata dan kulit secara maksimal. Salah satu komplikasi Graves dapat menyebabkan ophthalmotpathy Graves, yakni mata membengkak dan dapat menyebabkan masalah penglihatan.

Ini juga bisa menyebabkan mata kering, bengkak dan gatal. Coba gunakan kompres dingin yang ditekankan pada mata Anda untuk menjaga kelembapannya, serta tetesi mata dengan cairan mata dari dokter agar tidak kering.

The post 5 Kiat Sederhana Mengendalikan Gejala Penyakit Graves di Rumah appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2mKTdvO


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar