Vitamin D Tingkatkan Peluang Sukses Program Bayi Tabung Hingga 2 Kali Lipat

Program bayi tabung (IVF) bisa menjadi solusi bagi pasangan yang tak kunjung mendapatkan momongan setelah cara lainnya mungkin tak berhasil. Meski begitu, ada banyak faktor yang bisa membuat proses bayi tabung gagal di tengah jalan. Kabar baiknya, para ahli kesehatan percaya menambah asupan vitamin D bisa meningkatkan peluang bayi tabung sukses.

Peluang bayi tabung sukses tinggi jika ibu mencukupi kebutuhan vitamin D-nya

Vitamin D umumnya terkait dengan kesehatan tulang dan gigi. Namun, sebuah studi terbitan Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menemukan bahwa “vitamin matahari” ini bisa meningkatkan keberhasilan program bayi tabung karena membantu tubuh wanita menghasilkan embrio yang berkualitas lebih baik dan tingkat keberhasilan implantasi yang lebih tinggi.

Kesimpulan tersebut didapat setelah mengamati 154 wanita yang kekurangan vitamin D dan 181 wanita yang tingkat vitamin D-nya yang cukup. Kelompok wanita yang cukup vitamin D diketahui memiliki peluang sukses hamil dari program IVF hingga dua kali lipat daripada yang kekurangan. Analisis tersebut juga menunjukkan bahwa wanita dengan tingkat vitamin D memadai yang sukses hamil dari program bayi tabung sepertiga kali lebih mungkin untuk memiliki kelahiran hidup daripada wanita yang kekurangan. Seorang wanita dikatakan memiliki kadar vitamin D yang cukup bila mencapai minimal 20 ng/ml darahnya.

Hasil penelitian ini sebenarnya tak mengherankan. Sejumlah penelitian pada hewan menunjukkan bahwa vitamin D memengaruhi kesuburan banyak mamalia. Defisiensi vitamin D diduga menjadi salah satu penyebab tingginya risiko masalah kesuburan dan menghambat fungsi organ reproduksi. Pada manusia, kekurangan vitamin D telah terbukti meningkatkan risiko preeklampsia, diabetes gestasional, berat bayi lahir rendah, dan infeksi bakteri vaginosis.

Perlu penelitian lebih mendalam untuk mengetahui mekanisme tepatnya bagaimana vitamin D dapat meningkatkan peluang bayi tabung sukses. Meski begitu, diketahui bahwa selain diproduksi di kulit, reseptor dan enzim vitamin D juga ditemukan di endometrium (lapisan dinding rahim). Implantasi embrio dalam rahim merupakan langkah awal yang penting untuk menjamin kehamilan yang sukses. Agar proses implantasi bisa sukses, lapisan rahim harus dipastikan cukup kuat untuk menanggung jalannya kehamilan sebelum dapat mengenali dan menerima embrio.

Sumber vitamin D terbaik dan mudah ditemui

Vitamin D adalah salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan ibu hamil. Vitamin D membantu membangun fondasi tulang kerangka dan gigi anak yang kuat sejak masih dalam kandungan. Penelitian juga membuktikan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi cukup vitamin D kelak anak-anaknya memiliki IQ tinggi.

Sumber terbaik dari vitamin D adalah sinar matahari. Kulit kita akan memproduksi vitamin D sendiri begitu terpapar dengan sinar matahari. Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan Anda perlu berjemur sinar matahari setidaknya 5 sampai 15 menit saja untuk dua sampai tiga kali seminggu tanpa menggunakan tabir surya untuk mencukupi kebutuhan vitamin D tubuh. Para ahli menganjurkan Anda untuk “mandi” sinar matahari antara mulai pukul 10 pagi hingga pukul 2 sore.

Meski begitu, mendapatkan asupan vitamin D dari sumber makanan juga tetap penting, terutama bagi orang-orang yang aktivitas hariannya berkutat di dalam ruangan dan jarang terpapar matahari. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D di antaranya ikan yang mengandung lemak baik (seperti salmon, tuna, makarel, dan sarden), telur, serta daging merah.

Jika diperlukan, Anda juga bisa mendapatkan asupan vitamin D dari suplemen ataupun multivitamin. Namun, Anda harus berkonsultasi ke dokter terlebih dulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D. Dokter akan menganjurkan berapa dosis yang tepat. Pasalnya, kelebihan vitamin D juga bisa membahayakan kesehatan Anda.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan bayi tabung

Selain memenuhi asupan vitamin D, menerapkan gaya hidup dan pola makan sehat bisa membantu program bayi tabung sukses. Perbanyaklah meluangkan waktu untuk berolahraga di luar ruangan dan hindari kebiasaan merokok serta minum minuman keras. Kelebihan berat badan juga mempertahankan kedua kebiasaan buruk tersebut dapat menurunkan kesuburan Anda dan pasangan.

Menghindari stres juga bisa jadi kunci sukses program bayi tabung Anda. Pasalnya, salah satu studi yang diterbitkan dalam Human Reproduction menyatakan bahwa ada hubungan antara tingkat stres yang tinggi dengan ketidaksuburan, meski bukan jadi penyebab langsung.

The post Vitamin D Tingkatkan Peluang Sukses Program Bayi Tabung Hingga 2 Kali Lipat appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2tTc9vI


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar