Langkah Pertolongan Pertama Ketika Anda Dicakar Kucing

Kucing memang binatang yang menggemaskan. Namun apabila tak hati-hati, Anda bisa saja dicakar olehnya. Jika sudah begini, Anda harus waspada. Pasalnya cakaran kucing dapat menularkan infeksi bakteri berbahaya yang menyebabkan penyakit tertentu pada Anda. Simak langkah-langkah pertolongan pertama apabila Anda dicakar kucing dalam artikel ini.

Yang harus segera Anda lakukan setelah dicakar kucing

Jika luka bekas cakaran hanya berupa sayatan kecil dan cenderung tidak dalam, maka biasanya hal tersebut tidak berbahaya dan Anda bisa melakukan pengobatan sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah yang harus segera Anda lakukan:

  • Bersihkan luka dengan air yang mengalir dan sabun. Biarkan air membasuh luka bekas gigitan selama beberapa menit untuk menghilangkan bakteri ataupun kotoran lainnya dari kuku kucing.
  • Tekan luka bekas cakaran kucing dengan perlahan dan hati-hati supaya memudahkan kotoran atau bakteri keluar dari dalam kulit.
  • Keringkan kulit Anda dengan menggunakan handuk halus.
  • Segera sterilkan luka dengan menggunakan alkohol atau cairan antiseptik. Anda mungkin akan merasakan sedikit rasa perih atau sakit. Tahan rasa nyeri tersebut karena biasanya hanya sementara dan akan segera hilang.
  • Oleskan krim antibiotik di area kulit yang dicakar kucing untuk mencegah infeksi lebih lanjut. Anda dapat membeli krim antibiotik ini di apotek. Sebelum menggunakannya, perhatikan dengan saksama aturan pakai yang tertera pada kemasan.
  • Biarkan luka goresan terkena udara segar sehingga Anda tidak perlu membalut area tersebut. Namun, penting bagi Anda untuk memastikan agar luka tetap bersih.
  • Meski luka sayatan terbilang ringan, Anda tetap disarankan untuk segera mencari pertolongan medis apabila mencurigai kucing yang mencakar Anda terinfeksi rabies atau penyakit menular lainnya.

Sementara jika luka cakaran berupa luka yang dalam hingga kulit Anda robek parah dan mengeluarkan banyak darah, segera basuh luka dengan air yang mengalir dan hentikan perdarahan dengan cara menekan luka tersebut menggunakan kain bersih dan kering.

Setelah itu, segera bawa ke dokter untuk perawatan lebih lanjut. Anda mungkin membutuhkan beberapa jahitan dan obat antibiotik oral untuk mempercepat pemulihan.

Penting untuk diperhatikan

Anda harus segera mencari bantuan medis apabila Anda digigit kucing liar. Bahkan jika kucing tersebut tampak sehat dan tidak penyakitan. Sebab, kucing tersebut bisa saja membawa penyakit berbahaya tertentu tapi tidak menunjukkan gejala apa pun.

Cara mencegah agar tidak dicakar kucing

bartonellosis cat scratch disease adalah

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan sebagai upaya pencegahan agar tidak dicakar kucing, di antaranya:

  • Hindari memperlakukan kucing dengan kasar. Apalagi pada kucing peliharaan Anda sendiri. Memperlakukan kucing secara kasar dapat menyebabkan mereka jadi lebih agresif.
  • Hindari bermain dengan kucing jika Anda merasa dalam kondisi kurang sehat.
  • Buatlah area khusus kucing di rumah Anda sehingga ia tidak bebas berkeliaran di dalam rumah.
  • Jika Anda sensitif terhadap cakaran kucing atau memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, Anda harus mempertimbangkan untuk mengadopsi kucing yang lebih tua sebagai hewan peliharaan daripada anak kucing. Pasalnya kebanyakan kucing lebih sering menggigit dan mencakar secara agresif pada usia 1 sampai 2 tahun.
  • Gigitan atau cakaran kucing berisiko menularkan penyakit berbahaya seperti rabies dan tetanus. Maka sebagai upaya pencegahan penularan penyakit berbahaya tersebut ada baiknya kucing Anda divaksin.
  • Pastikan kucing Anda selalu bersih dan terhindar dari kutu dengan rutin memandikannya dan membersihkan kandangnya.
  • Rutin potong kuku kucing Anda dengan menggunakan gunting kuku biasa. Memotong kuku kucing minimal seminggu sekali dapat mengurangi risiko Anda mendapatkan luka dalam saat digigit kucing.
  • Cuci tangan dengan sabun sebelum dan setelah Anda bermain, membelai, atau menggendong kucing.
  • Jika Anda memiliki luka terbuka, jangan biarkan kucing menjilat luka tersebut.

The post Langkah Pertolongan Pertama Ketika Anda Dicakar Kucing appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2KdF5Fz


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar