Apakah Anak Kecil Perlu Dampingan Personal Trainer Saat Olahraga?

Indonesia adalah negara dengan tingkat kasus obesitas anak tertinggi di kawasan Asia-Pasifik, dan menduduki peringkat ke-10 di dunia. Sebagai salah satu cara membantu orangtua menjamin kesehatan anak sedari kecil sembari menekan pertumbuhan angka obesitas, gym khusus anak kini makin banyak bermunculan. Olahraga teratur memang dapat membantu mengurangi dan menjaga berat badan, tapi apakah anak benar-benar perlu dampingan pelatih pribadi alias personal trainer?

Personal trainer bisa mendampingi anak-anak berolahraga

Menggunakan jasa pelatih pribadi dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda meningkatkan kemampuan dan keterampilan olahraga si kecil.

Personal Trainer alias PT dapat merancang sebuah rencana olahraga yang telah disesuaikan dengan kondisi kliennya dan apa yang khususnya ingin mereka capai. Pelatih dapat membantu mencarikan aktivitas fisik yang tepat dan disukai anak Anda — termasuk frekuensi, intensitas, dan jenis latihannya. Mereka juga dapat membantu anak bagaimana cara memulai olahraga dan memaksimalkan waktu berolahraganya untuk menjaga si kecil agar tidak berolahraga di luar batas kemampuan tubuhnya.

Program yang “dijahit” sesuai dengan kebutuhan pribadi biasanya akan memberikan hasil yang lebih nyata daripada olahraga sendirian, atau yang asal-asalan. Itu kenapa dampingan pengawasan dari PT bisa lebih efektif mempercepat proses penurunan berat badan anak yang obesitas.

Selain itu, pelatih yang baik juga dapat mengatur jadwal olahraga sesuai jadwal rutintas harian anak agar komitmen berolahraga tidak lantas terbengkalai di tengah jalan. Dengan melakukan sesuatu yang disukai anak-anak, olahraga tidak lagi dianggap sebagai beban sehingga mereka pun akan lebih senang dan bersemangat ketika melakukan olahraga.

 

Yang tak kalah penting, jasa dampingan PT juga dapat membantu anak terhindari dari cedera saat berolahraga. Seorang PT yang baik akan mengajari anak Anda bagaimana caranya berolahraga dengan aman, efektif, dan menyenangkan sehingga selain anak senang, keselamatannya pun tetap terjamin.

Apakah wajib pakai PT?

Tidak semua anak cocok dan wajib berolahraga didampingi oleh seorang pelatih pribadi.

Anda dapat menggunakan bantuan pelatih pribadi jika Anda benar-benar tidak tahu bagaimana caranya merancang rencana olahraga yang tepat dan aman untuk menurunkan berat badan anak, atau ketika sesi olahraga yang selama ini dilakukan anak sendiri tidak kunjung membuahkan hasil.

Personal trainer sebagai pihak luar yang netral bisa melihat apa yang selama ini mungkin salah atau kurang dilakukan oleh si kecil, dan kemudian membantu mengoreksi atau mengubah caranya berolahraga agar lebih efisien untuk meraih hasil yang lebih optimal.

Dampingan PT juga mungkin efektif untuk membuat anak mau aktif bergerak jika Anda sudah kehabisan akal untuk membujuknya berolahraga.

Selain itu, anak-anak yang memiliki cedera, kondisi kesehatan tertentu, atau berkebutuhan khusus terutama lebih membutuhkan pengawasan dari orang yang ahli selama berolahraga.

Pilih PT yang terlatih dan profesional

Keputusan menggunakan dampingan PT harus Anda diskusikan terlebih dahulu bersama anak. Tidak setiap anak akan senang apabila harus berolahraga diawasi oleh orang asing yang tidak ia kenal. Membujuk anak untuk rutin berolahraga memang sulit, tapi memaksa anak melakukan aktivitas yang mereka sendiri tidak sukai dapat menjadi bumerang bagi Anda.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengajak si kecil berdisikusi terlebih dahulu. Tanyakan apakah ia bersedia dan berminat untuk olahraga didampingi PT atau tidak. Jika ia menolak, maka jangan memaksanya. Sementara jika ia setuju, maka tugas Anda selanjutnya adalah mencari personal trainer yang benar-benar profesional di bidangnya.

Seorang pelatih gym yang baik harus memiliki sertifikat resmi dan menjalani pelatihan ekstensif untuk bekerja sama dengan berbagai jenis klien. Banyak di antaranya yang sudah terlatih secara khusus untuk mendampingi anak kecil dan remaja. Pastikan juga bahwa PT pilihan Anda dapat mendeteksi dan menangani segala jenis keadaan darurat atau cedera olahraga. Yang tak kalah penting, pastikan anak Anda merasa “nyambung” dengan si calon pelatih.

The post Apakah Anak Kecil Perlu Dampingan Personal Trainer Saat Olahraga? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2MiUvsH


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar