4 Kesalahan yang Sering Anda Lakukan Saat Eksfoliasi Wajah

Sebagian dari Anda mungkin masih asing dengan istilah eksfoliasi. Ya, eksfoliasi adalah salah satu perawatan wajah dengan mengangkat sel kulit mati. Tujuannya, agar kulit Anda tetap cerah dan tidak kusam karena sel-sel kulit mati yang terus menumpuk. Anda bisa menggunakan scrub atau dengan produk kimia khusus eksfoliasi untuk perawatan kulit ini.

Sayangnya, masih banyak yang melakukan kesalahan saat mengangkat sel kulit mati dengan eksfoliasi. Apa saja kesalahan tersebut? Apakah salah satunya sering Anda lakukan? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Kesalahan saat perawatan wajah dengan mengangkat sel kulit mati

1. Tidak rutin atau terlalu sering melakukan eksfoliasi

Setiap hari, kulit tubuh termasuk pada wajah akan melakukan regenerasi. Sel-sel kulit yang sudah lama akan berganti dengan yang baru. Melakukan eksfoliasi adalah salah satu cara untuk mengangkat sel kulit mati tersebut. Selain membersihkan, eksfoliasi juga merangsang kulit untuk memproduksi kolagen yang menjaga tesktur kulit tetap kencang.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan eksfoliasi secara rutin. Tapi ingat, terlalu jarang tidak akan berpengaruh besar pada kulit Anda. Sementara, terlalu sering dan berlebihan dalam melakukan eksfoliasi, baik itu ketika menggosokkan scrub ke wajah atau terlalu berlebihan dalam menggunakan pembersih kimia bisa memberikan efek buruk pada kulit. Jika Anda mengalami kulit kemerahan atau rsa menyengat yang tidak biasa, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Dilansir dari Women Health Magazine, seberapa sering Anda melakukan eksfoliasi harus disesuaikan dengan kondisi kulit, yaitu:

  • Kulit sensitif lakukan setidaknya satu sampai dua kali seminggu
  • Kulit normal dan kombinasi lakukan tiga kali seminggu
  • Kulit berminyak lakukan sebanyak eskfoliasi lima kali seminggu.

Namun, Anda harus menghindari eksfoliasi jika kulit Anda sedang mengalami masalah. Misalnya, saat kulit Anda sedang berjerawat dan kondisinya sangat meradang.

2. Hanya memerhatikan area tertentu saat eksfoliasi

Semua bagian wajah Anda pasti menghasilkan sel-sel kulit mati. Sayangnya, Anda lebih cederung pada dahi, hidung, dagu, dan pipi saja. Itulah sebabnya Anda mungkin lebih sering mengeksfoliasi bagian wajah tersebut atau lebih ekstra dalam mengeksfoliasinya.

Padahal, semua area wajah perlu mendapatkan perawatan yang sama. Jadi, jangan sampai Anda melupakan area wajah lain karena terpaku untuk mengangkat sel-sel mati pada area T zone saja.

3. Lupa menggunakan tabir surya atau pelembap

pelembap untuk kulit kering

Eksfoliasi yang tujuannya mengangkat sel kulit mati, berarti menghilangkan lapisan kulit terluar. Kondisi ini membuat kulit menjadi lebih sensitif, terutama dengan sinar matahari. Sebenarnya menggunakan tabir surya memberikan perlindungan kulit saat Anda melakukan aktivitas di luar ruangan. Setelah eksfoliasi, pemakaian tabir surya menjadi sangat penting. Bukan pilihan tapi sebuah keharusan.

Mengapa? Krim ini mencegah kulit Anda terbakar dan meradang akibat sinar matahri yang mengenai kulit sensitif Anda. Jadi, jangan sampai Anda melupakan krim tabir surya saat keluar rumah. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap setelah melakukan eksfoliasi untuk menjaga kelembapan kulit.

4. Ragu menggunakan bahan kimia khusus eksfoliasi

Selain menggunakan scrub, Anda bisa melakukan eksfoliasi dengan bahan kimia. Namun, sebagian besar orang masih takut dengan penggunaan bahan ini, terutama bagi mereka yang memilki kulit sensitif. Padahal, bahan kimia khusus untuk eksfoliasi seperti asam alfa hidroksi, asam salisilat, asam beta-hidroksi, asam glikolat, dan retinoid paling aman digunakan dibanding scrub yang cenderung kasar.

Hanya saja, Anda harus paham betul bagaimana kondisi kulit Anda terlebih dahulu sebelum memilih bahan kimia yang akan digunakan. Lebih baik lagi, jika menggunakan eksfolisasi berbasis bahan kimia dibawah pengawasan dokter.

 

The post 4 Kesalahan yang Sering Anda Lakukan Saat Eksfoliasi Wajah appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2MOsfPZ


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar