Punya Masalah Mental, Lebih Baik Konsultasi ke Psikolog atau Psikiater?

Laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2017 menyebutkan bahwa ada lebih dari 300 juta orang di dunia yang mengalami depresi, dan 260 juta lainnya menderita gangguan kecemasan. Dilansir dari Tempo, Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJI) menyebutkan dari 250 juta total populasi orang Indonesia, 9 juta di antaranya memiliki depresi, 14 juta orang memiliki gejala depresi dan gangguan kecemasan, dan sekitar 400 ribu orang mengidap skizofrenia. Angka di lapangan mungkin bisa lebih banyak lagi karena tidak semua orang menyadari mereka punya gangguan kesehatan mental.

Lantas jika Anda mulai mencurigai gejala depresi atau penyakit jiwa lainnya muncul pada diri sendiri, harus konsultasi ke psikolog atau psikiater?

Psikolog dan psikiater itu berbeda tugasnya

Psikolog dan psikiater sama-sama spesialis kesehatan mental, maka keduanya sama-sama bisa Anda datangi untuk berkonsultasi soal gangguan mental — termasuk mencari tahu penyebab, gejala, dan cara mengobatinya.

Bedanya, psikolog bukanlah dokter medis. Psikolog adalah tenaga ahli bidang kesehatan mental yang lulus dari program sarjana atau pascasarjana Psikologi. Sementara itu, psikiater adalah dokter medis lulusan sarjana Kedokteran yang mengambil spesialisasi tentang diagnosis dan pengobatan penyakit mental dengan setidaknya 10 tahun pengalaman pelatihan, atau seringkali lebih.

Psikolog dan psikiater bisa memberikan diagnosis penyakit atau gangguan. Menurut C. Vaile Wright, PhD, direktur American Psychological Association, psikolog mendiagnosis masalah yang dialami pasien lewat kepribadian, tingkah polah, perilaku dan kebiasaan (seperti pola makan dan kebiasaan tidur), cara berbicara, dan lewat cerita yang Anda curahkan. Sementara psikiater mendiagnosis pasien lewat ilmu kedokteran fisik, termasuk tentang kerja otak dan saraf manusia.

Karena psikolog bukan dokter, psikolog tidak bisa meresepkan obat. Layanan pengobatan yang diberikan oleh psikolog hanya seputar konsultasi dan psikoterapi psikologis yang berfokus pada hubungan antara akar masalah, pola pikir, dan perilaku Anda. Anda dan terapis Anda bisa menentukan satu tujuan yang sangat spesifik untuk dicapai setelah terapi selesai. Psikiater bisa membuka sesi terapi psikologis sekaligus meresepkan obat, termasuk check-up umum seperti pemeriksaan fisik dan tes laboratorium.

konseling psikologi

 

Jadi, lebih baik konsultasi dengan psikolog atau psikiater?

Jika Anda mencurigai adanya masalah kesehatan mental, entah karena depresi ataupun kecemasan, sebaiknya Anda berkonsultasi dulu ke dokter umum. Dokter umum dapat memberikan diagnosis awal terkait kondisi yang mungkin dicurigai dan kemudian bisa merujuk Anda pada spesialis untuk memastikan masalah kesehatan jiwa apa yang sedang Anda hadapi.

Psikologis lebih mungkin untuk menangani pasien dengan kondisi yang masih dapat dibantu secara efektif dengan pengobatan psikologis semata. Misalnya, psikolog nantinya akan mendengarkan cerita Anda dahulu, mendiagnosis, dan membuat rencana yang harus Anda terapkan sehari-hari pada masalah tersebut. Ini dapat meliputi masalah perilaku seperti kecanduan, gangguan emosi, fobia, kesulitan belajar, depresi, dan gangguan kecemasan.

Sementara psikiater cenderung mengobati orang yang membutuhkan terapi dan pengobatan setelah mempertimbangkan kebutuhan medis, psikologis, dan sosialnya. Mereka biasanya adalah orang-orang dengan kondisi kejiwaan yang lebih rumit, misalnya depresi berat atau depresi mayor, gangguan bipolar, atau schizophrenia. Seseorang yang memiliki pikiran atau usaha bunuh diri juga biasanya akan dirujuk pada seorang psikiater.

tips melakukan konsultasi ke psikolog pertama kali

Psikiater juga bisa bekerja sama dengan dokter spesialis lainnya untuk menangani masalah Anda. Misalnya, jika masalah mental yang Anda alami menyebabkan Anda menjadi kurang gizi, Anda akan segera dirujuk oleh psikiater Anda untuk konsultasi juga ke dokter gizi.

Dr. Wright mengatakan, keputusan berobat ke psikolog dan psikiater harus didasari dengan masalah yang Anda hadapi. Jika Anda tidak yakin apakah Anda harus menemui seorang psikolog atau psikiater, konsultasikan pada dokter umum. Mereka dapat memberikan anjuran apakah psikolog atau psikiater yang sesuai bagi Anda. Hal ini akan banyak tergantung pada situasi spesifik Anda dan jenis pengobatan yang mungkin Anda butuhkan. Beberapa orang mungkin harus menemui psikolog dan psikiater dalam waktu yang bersamaan.

The post Punya Masalah Mental, Lebih Baik Konsultasi ke Psikolog atau Psikiater? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2GU25Hl


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar