Olahraga Rutin, Kunci Mencegah Demensia untuk Wanita Paruh Baya

Banyak manfaat kesehatan yang bisa kita dapat dari olahraga rutin di usia berapa pun. Menurut para ahli, olahraga bisa membantu mencegah demensia dan penurunan kognitif pada perempuan paruh baya yang sudah menunjukkan gejala penyakit Alzheimer. Bahkan untuk mencapai manfaat ini Anda tidak perlu memaksa berolahraga berat Peneliti yakin olahraga intensitas ringan hingga sedang, seperti jalan kaki atau bersepeda, juga bisa sangat bermanfaatnya untuk mencegah demensia.

Demensia tidak ada obatnya

Demensia adalah penyakit progresif yang berkembang seiring penuaan dan belum ada obat penyembuhnya. Namun, perkembangannya bisa diperlambat atau ditunda dengan perubahan gaya hidup yang lebih sehat.

Berdasarkan sejumlah hasil penelitian, peningkatan kebugaran tubuh melalui olahraga rutin dapat menjadi cara mencegah demensia yang potensial.

Bagaimana olahraga teratur dapat membantu mencegah demensia

Penelitian terbaru menemukan bahwa kelainan saraf jaringan otak sudah dimulai sejak beberapa dekade sebelum penurunan fungsi kognitif benar-benar dimulai. Nah, menjaga kebugaran fisik dapat menjadi kunci utama untuk menjaga kesehatan otak bagi wanita usia paruh baya.

Para peneliti menemukan bahwa wanita paruh baya di Swedia dengan tingkat kebugaran fisik yang prima memiliki penurunan risiko hingga 90 persen lebih kecil untuk terkena demensia di kemudian hari, ketimbang dengan wanita yang tidak begitu bugar.

Olahraga teratur juga dapat menunda kehadiran gejala demensia hingga 11 tahun lebih lambat, daripada jika Anda tidak atau jarang berolahraga. Jadi misalnya usia rata-rata terkena demensia adalah 79 tahun, tapi apabila Anda terus menjaga rutinitas olahraga sampai tua nanti, demensia bisa saja baru muncul pada saat Anda berusia 90 tahun.

Temuan tersebut menunjukkan bahwa tingkat kebugaran yang tinggi memiliki hubungan dengan penurunan risiko demensia. Dengan kata lain, kesehatan jantung yang baik terkait dengan kesehatan otak yang baik juga.

Olahraga baik untuk jantung dan otak

Meskipun hasil penelitian tersebut menemukan adanya hubungan antara kebugaran tubuh dengan risiko terjadinya demensia, penelitian ini tidak dapat menjelaskan hubungan sebab-akibat antara keduanya. Peneliti mengatakan bahwa masih belum jelas mengapa tingkat kebugaran wanita di usia paruh baya dapat memperlambat atau bahkan mencegah demensia.

Para peneliti menduga bahwa peningkatan kebugaran tubuh dapat melindungi Anda dari berbagai faktor risiko penyakit jantung dan masalah tekanan/pembuluh darah. Misalnya saja, menurunkan tekanan darah, menjaga berat badan sehat dan/atau menurunkan berat badan, serta mengendalikan tingkat kolesterol. Diketahui bahwa beberapa masalah terkait kardiovaskular, seperti tekanan darah tinggi (hipertensi) dan gangguan jantung lainnya, dapat membuat seseorang lebih rentan mengalami demensia di kemudian hari.

Bukti yang muncul juga menunjukkan bahwa kebugaran jantung dan paru secara langsung dapat mempengaruhi struktur di otak, akibat peningkatan aliran darah ke otak.

 

The post Olahraga Rutin, Kunci Mencegah Demensia untuk Wanita Paruh Baya appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2IHj6do


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar