Mungkinkah Kita Orgasme Saat Tidur?

Orgasme erat kaitannya dengan pengalaman seks yang memuaskan. Namun nyatanya, beberapa orang bisa saja mengalami orgasme saat tidur nyenyak — padahal jelas-jelas tidak habis berhubungan seks sama sekali. Kenapa bisa begitu?

Siapa yang bisa mengalami orgasme saat tidur?

Dalam bahasa medis, orgasme yang terjadi selama tidur malam disebut emisi nokturnal atau yang dalam bahasa awamnya dikenal dengan mimpi basah. Orgasme saat tidur alias mimpi basah selalu dikaitkan dengan masa puber, tapi orang dewasa juga masih bisa mengalaminya.

Baik pria dan wanita, yang masih lajang maupun sudah menikah, sama-sama bisa mengalami orgasme saat tidur. Ya! Perempuan pun bisa mimpi basah. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar wanita mengalami orgasme saat tidur pertama kali sebelum memasuki usia 21 tahun. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sex Research, 37 persen wanita di usia kuliah melaporkan pernah mengalami setidaknya satu kali orgasme selama tidur.

Orgasme saat tidur pada laki-laki ditandai dengan seprai dan pakaian dalam yang basah karena ejakulasi air mani, sementara orgasme wanita tidak selalu sampai mengeluarkan cairan vagina. Menurut International Society for Sexual Medicine, wanita yang pernah terbangun dan mencapai orgasme biasanya akan mengalami lagi hal tersebut sebanyak tiga sampai empat kali dalam setahun.

Apa penyebab orgasme saat tidur?

Mimpi basah terjadi ketika seseorang yang sedang tidur menerima rangsangan seksual lewat mimpi erotis. Orgasme terjadi begitu saja tanpa perlu memberikan rangsangan apapun pada penis maupun vagina.

Seperti halnya mimpi Anda yang lain, mimpi basah tidak disadari ataupun direncanakan oleh si empunya tubuh. Mimpi yang bersifat erotis atau mengandung unsur seksual juga tidak bisa Anda kendalikan atau cegah sebelumnya.

Ini karena selama tahap tidur REM (rapid eye movement), darah akan mengalir lebih deras menuju sekitar kemaluan. Sirkulasi darah ini bisa menyebabkan ejakulasi, baik pada laki-laki maupun wanita. Laki-laki akan mengeluarkan air mani lewat penis sementara wanita akan mengeluarkan cairan vagina.

Banyak orang yang melaporkan mereka bisa mengingat mimpi basahnya hingga merasakan dirinya mencapai klimaks, tapi hal ini tak selalu berarti ia benar-benar mengalami orgasme saat tidur. Orgasme dalam mimpi bukanlah tanda seseorang juga orgasme dalam kehidupan nyatanya.

Normalkah jika saya orgasme saat tidur?

Ini adalah fenomena wajar. Ahli psikologi dan kesehatan seksual, dr. Petra Boynton, menegaskan bahwa mimpi basah adalah bagian dari fungsi seksual yang normal.

Namun jika Anda sampai mimpi basah setiap hari, Anda perlu berkonsultasi ke dokter. Walaupun tidak ada batasan minimal dan maksimal dari mimpi basah itu sendiri, mimpi basah setiap hari tentu akan sangat mengganggu. Terlebih jika hal ini terus terjadi di usia dewasa yang seharusnya sudah tak lagi sering mimpi basah.

The post Mungkinkah Kita Orgasme Saat Tidur? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2INIvSS


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar