Meski Segar, Buka Puasa Sebaiknya Jangan Dengan Minuman Bersoda

Selama puasa, menjaga tubuh tetap terhidrasi itu penting. Anda bisa mendapatkan asupan air dengan berbagai cara, mulai dari minum air, makan buah atau sayur. Nah, minuman pun tidak hanya satu jenis yang bisa Anda nikmati. Ada air putih, susu, jus bahkan soda. Tapi saat berbuka, Anda pasti lebih menginginkan minuman segar, salah satunya minuman bersoda. Nah, mungkin banyak di antara Anda yang bertanya-tanya, apa efek minum soda saat buka puasa. Agar lebih jelas, simak ulasannya berikut ini.

Efek langsung minum soda saat buka puasa

Sebenarnya, minum soda tidak dilarang selama Anda tidak memiliki kondisi atau penyakit tertentu seperti penyakit ginjal, diabetes, gangguan pencernaan, dan penyakit lainnya. Namun, minum soda juga ada aturannya supaya tidak merugikan kesehatan.

Tidak seperti air putih yang sangat aman diminum, minuman bersoda mengandung gula tinggi, pewarna, dan pengawet. Itulah sebabnya kenapa Anda harus ekstra hati-hati saat mengonsumsi minuman ini. Terlebih saat puasa, ketika kebiasaan makan akan mengubah metabolisme tubuh dan Anda menjadi sangat sensitif dengan apa pun yang Anda makan dan minum.

Saat puasa, Anda dan teman-teman pasti merencanakan buka puasa bersama, bukan? Nah, pada momen inilah biasanya Anda cenderung memilih minuman segar, seperti minuman bersoda untuk berbuka. Sayangnya, minum soda langsung saat buka puasa itu bukanlah hal yang tepat. Bukan menyegarkan tubuh justru menimbulkan masalah pada tubuh Anda. Kenapa?

kenapa sakit perut setelah makan

Puasa membuat perut Anda tidak menerima makanan atau minuman, yang artinya perut Anda dalam keadaan kosong. Minuman bersoda mengandung gelembung-gelembung karbondiokasida yang bisa meningkatkan jumlah udara di saluran pencernaan. Saat Anda minum soda langsung saat berbuka, sistem pencernaan akan “kaget”. Ini bisa menimbulkan masalah pada pencernaan.

Jenis minuman ini juga bereaksi dengan lambung sehingga bisa meningkatkan tingkat keasaman, menyebabkan rasa panas di dada, rasa asam di mulut, terus sendawa, kram atau sakit perut. Hal ini bisa menyebabkan terjadinya penyakit maag atau memperparah gejala pada orang yang memiliki penyakit ini.

Selain itu, soda yang tinggi gula bisa membuat kadar gula darah Anda yang awalnya rendah melonjak naik dengan cepat. Bagi Anda yang punya gula darah tinggi, pradiabetes, atau diabetes tentu saja ini berbahaya.

Jadi tidak boleh minum soda saat buka puasa sama sekali?

Kalau betul-betul terpaksa, Anda masih bisa minum soda saat puasa. Supaya Anda bisa menikmati minuman bersoda dengan aman, Anda harus memerhatikan kapan waktu yang tepat dan seberapa banyak Anda minum minuman tersebut.

Sebaiknya minum soda satu atau dua jam setelah berbuka, jangan langsung setelah adzan magrib. Ini lebih aman karena perut Anda sudah terisi dengan makanan lain. Selain itu, hindari minum soda sebelum tidur karena minuman ini menyumbangkan kalori dan gula dalam tubuh yang bisa menyebabkan berat badan bertambah dan kerusakan pada gigi.

Dilansir dari Cleveland Clinic, kebanyakan minum soda bisa menyebabkan obesitas sehingga rentan dengan berbagai penyakit kronis, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke, dan kolesterol tinggi. Efek samping minuman soda yang begitu buruk, membuat Anda sebaiknya mengurangi konsumsi minuman jenis ini.

American Heart Association merekomendasikan bahwa Anda tidak boleh mengonsumsi lebih dari 450 kalori dari minum kemasan per minggu. Ini setara dengan tiga kaleng minuman soda kemasan. Artinya, Anda tidak boleh minum lebih dari tiga kaleng minuman bersoda dalam seminggu.

Selama puasa, mengurangi konsumsi minuman ini menjadi langkah terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh dan puasa Anda. Sesekali boleh minum soda, tapi jangan rutin dilakukan. Akan lebih baik jika Anda tidak meminumnya sama sekali.

Sayangnya, usaha Anda untuk menghindari minuman jenis ini cukup menantang. Saat memesan makan cepat saji, menghadiri acara buka bersama, atau berlibur, minum ini sering tersaji dan menjadi andalan karena rasanya yang enak dan menyegarkan.

Tenang saja, Anda bisa mengakalinya dengan memilih menggunakan gelas kecil atau minum hanya setengah gelas. Bila Anda benar-benar ingin menghindari soda, Anda bisa memilih jus atau smoothies yang lebih sehat untuk berbuka.

The post Meski Segar, Buka Puasa Sebaiknya Jangan Dengan Minuman Bersoda appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2s7hyiN


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar