Bagaimana Bisa Vitamin D Membantu Penyerapan Kalsium?

Untuk menjaga kekuatan tulang, bukan hanya mineral kalsium yang dibutuhkan, tetapi juga vitamin D. Keduanya harus seimbang untuk bisa cegah pengeroposan tulang seperti osteoporosis. Akan tetapi, apa hubungannya vitamin D dan kalsium? Bagaimana vitamin D membantu penyerapan kalsium? Simak ulasan lengkapnya.

Apa hubungannya vitamin D dengan kalsium untuk kesehatan tulang?

Untuk menguatkan tulang, kalsium tidak bekerja sendiri di dalam tubuh. Salah satunya, bersama dengan vitamin D. Vitamin D sangat penting dalam membantu tubuh menyerap kalsium dan menggunakan kalsium. Tubuh tidak bisa menyerap kalsium sama sekali tanpa kehadiran vitamin D yang cukup di dalam tubuh.

Bagaimana vitamin D membantu penyerapan kalsium dalam tubuh?

Jadi, saat vitamin D masuk, tubuh akan langsung mengubahnya menjadi hormon calcitriol. Hormon ini yang nantinya akan membantu penyerapan kalsium di usus.

Vitamin D juga akan merangsang zat yang akan mengangkut kalsium masuk ke dalam dinding usus dan membawanya sampai ke darah. Bila proses ‘pengangkutan’ kalsium ini lancar dan kalsium sudah ada di dalam darah, maka penyerapan berhasil dengan baik.

Saat kalsium sudah ada di dalam darah, maka zat ini siap dibagikan ke bagian tubuh yang membutuhkan, terutama tulang. Di dalam tulang, kalsium akan langsung bekerja untuk memadatkan tulang dan memperbaiki sel-sel tulang yang rusak.

Dengan begitu, tulang akan jadi lebih kuat dan kokoh. Oleh karena itu, vitamin D berperan sangat besar dalam siklus penyerapan kalsium ini.

Kalsium dan vitamin D, kombinasi terbaik untuk kesehatan tulang

Untuk menjaga kekuatan tulang, ini artinnya Anda tidak bisa mengandalkan kalsium saja. Anda harus memerhatikan asupan vitamin D juga. Vitamin D pada dasarnya bisa diperoleh dari tiga cara, yakni dari makanan, melalui kulit yang terpapar sinar matahari, dan dari suplemen.

Menurut Angka Kecukupan Gizi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI, kebutuhan vitamin D per hari untuk orang dewasa sampai usia 70 tahun adalah sebanyak 600 IU (international Units), sementara orang lanjut usia memerlukan sebanyak 800 IU vitamin D setiap harinya untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Untuk rekomendasi kalsium sendiri yang dibutuhkan sebanyak 1200 mg per harinya untuk laki-laki maupun perempuan. Keduanya ini harus terpenuhi dengan seimbang untuk mendapatkan tulang yang kuat dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Pilih suplemen yang ada kalsium dan vitamin D sekaligus

Bukan hanya dari makanan. Bila perlu, Anda bisa mendapatkan kalsium sekaligus vitamin D langsung dari dari suplemen. Anda bisa mendapatkan kalsium dan vitamin D sekaligus dalam suplemen CDR yang berbentuk tablet effervescent. Tak hanya bisa bantu asupan kalsium dan vitamin D, CDR juga mengandung vitamin C dan vitamin B6 yang dibutuhkan tubuh.

Satu tablet CDR ini mampu menyediakan sebanyak 300 IU vitamin D, dan menyediakan kalsium yang sudah dalam bentuk kalsium karbonat sebanyak 635 mg, atau setara dengan 250 mg kalsium elemental

The post Bagaimana Bisa Vitamin D Membantu Penyerapan Kalsium? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2IALAld


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar