Pssst, Pakai Baju Merah Ternyata Bisa Meningkatkan Daya Tarik Pemakainya

Warna memberikan pengaruh dan membangun kesan pada setiap orang yang melihatnya, salah satunya warna merah. Nah katanya sih, orang yang pakai baju merah lebih menarik.  Percaya atau tidak, sudah ada penelitian yang mengulas hal ini. Lantas, mengapa baju merah lebih menarik perhatian? Simak ulasannya berikut ini.

Pakai baju merah jika ingin menarik perhatian

Mata menjadi salah satu indra penilai seseorang dalam hal ketertarikan dan warna memberikan kesan lebih terhadap penilaian tersebut. Warna merah sering digunakan untuk menunjukkan semangat, keberanian, serta rasa cinta.

Dilansir dari Medical Daily, seorang peneliti bernama Andrew Elliot melakukan penelitian dengan melihat seberapa jauh warna merah dapat meningkatkan daya tarik orang yang melihatnya. Hasilnya, foto wanita yang menggunakan pakaian warna merah sekaligus dibingkai dengan warna merah lebih menarik perhatian banyak pria dibanding foto yang tidak.

Dua tahun kemudian, Elliot melakukan penelitian dengan cara yang sama, tapi kali ini objeknya adalah pria. Hasilnya, banyak wanita yang berpendapat bahwa pria dengan pakaian berwarna merah memiliki daya tarik lebih, terlihat lebih mapan, dan terkesan memiliki status sosial yang tinggi.

Mengapa baju merah bisa menarik perhatian?

Kemudian, Anna Berthold dan rekannya dari University of Zurich melakukan penelitian dengan tujuan melihat bagaimana warna merah memberikan respons pada penggunanya.

Para partisipan dari penelitian tersebut diarahkan memakai baju merah atau biru dan bercermin untuk mengamati pantulan diri mereka di cermin. Penelitian berlanjut dengan meminta para partisipan untuk melakukan selfie dan menyelesaikan kuesioner yang berkaitan dengan seberapa menariknya mereka ketika melakukan percobaan tersebut.

Hasilnya menunjukkan bahwa partisipan merasa lebih menarik menggunakan baju merah daripada warna biru. Kemudian, Berthold menambahkan bahwa warna merah tidak memberikan efek “merasa diri lebih menarik” pada semua orang. Misalnya, orang yang hampir setiap hari menggunakan baju warna merah tidak akan menganggap dirinya menjadi lebih menarik.

Bukan hanya pada baju, sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2010 menunukkan bahwa pria menatap wanita lebih lama ketika mereka menggunakan lipstik berwarna merah. Jadi, terlepas dari apapun yang digunakan, warna merahlah yang menarik perhatian untuk dilihat dan akhirnya menimbulkan kesan pada orang yang melihatnya.

Namun, Robert Callin-Jegeman, seorang peneliti dari Dominican University di River Illinois menjelaskan bahwa tidak semua penelitian menunjukkan hasil yang sama bahwa warna merah dapat meningkatkan daya tarik. Jadi, butuh penelitian lebih dalam mengenai hal tersebut.

Selain pakai baju merah, ada hal lain yang dapat meningkatkan daya tarik

Selain warna, suara dan bau juga memengaruhi daya tarik seseorang. Jadi, seseorang dapat tertarik pada sesuatu bukan hanya dengan melihat penampilan fisik saja, tetapi juga dengan mendengar suara dan menghirup bau dari tubuhnya.

Sebuah penelitian yang telah diterbitkan pada jurnal Frontiers in Psychology, mengungkapkan bahwa dari suara, seseorang dapat membuat penilaian mengenai jenis kelamin, usia, emosional, dan lain-lainnya yang berkaitan dengan faktor penting menentukan ketertarikan.

Kemudian, wangi tubuh juga memberikan pengaruh pada ketertarikan seseorang. Memiliki wangi tubuh yang harum tidak menyengat, biasanya lebih disukai karena tidak menyebabkan orang di sekitarnya terganggu.

The post Pssst, Pakai Baju Merah Ternyata Bisa Meningkatkan Daya Tarik Pemakainya appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2JoBHXR


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar