Memahami Hasil Tes HIV Anda (Apakah Artinya Saya Kena HIV?)

Tes HIV dilakukan untuk mendeteksi HIV secara dini, sehingga dokter dapat merekomendasikan pengobatan atau pencegahan yang tepat. Hasil tes HIV yang Anda dapatkan tentu tergantung pada jenis tes apa yang Anda jalani. Hasil tes HIV bisa positif atau negatif, tapi diagnosis HIV sendiri tidak semudah ini. Lalu bagaimana kita bisa memahami hasil dari tes HIV? Simak penjelasan berikut ini.

Memahami hasil tes HIV

1. Hasil tes negatif

Hasil tes negatif belum tentu artinya Anda tidak terinfeksi HIV dan bersih sama sekali. Ada yang namanya periode jendela, yaitu waktu antara seseorang terinfeksi HIV dan kapan tes dapat secara akurat mendeteksi virus. Periode jendela bervariasi untuk setiap orang dan juga berbeda tergantung pada jenis tes HIV.

Jadi bila Anda menjalani tes HIV dalam 3 bulan setelah paparan virus HIV dan hasilnya negatif, Anda perlu dites lagi dalam 3 bulan berikutnya untuk memastikan.

Jika Anda mengetahui bahwa Anda HIV-negatif pada tes terakhir, Anda baru bisa yakin Anda masih negatif jika Anda belum memiliki potensi paparan HIV (tidak melakukan hal-hal yang berisiko HIV) sejak tes terakhir Anda tersebut.

Hasil tes negatif juga tidak serta-merta berarti bahwa pasangan Anda juga negatif HIV. Tes HIV hanya berlaku untuk orang yang dites. Lebih baik pasangan Anda juga ikut tes HIV.

2. Hasil tes reaktif

Hasil tes reaktif adalah hasil positif yang mungkin perlu dikonfirmasi ulang dengan tes laboratorium tambahan, sebelum hasil akhir HIV positif dapat diberikan.

Anda harus memberikan sampel darah lagi yang akan dikirim ke laboratorium untuk diuji. Diagnosis Anda tidak akan diberikan sampai tes tambahan ini selesai. Pada tahap ini, sangat penting untuk mengikuti saran dari dokter untuk memantau gejala HIV dan mencegah infeksi virus tersebut.

3. Hasil tes positif

Jika hasil tes HIV Anda positif, berarti Anda HIV positif. Hasil ini menunjukkan bahwa HIV telah terdeteksi dalam tubuh Anda.

Untungnya, saat ini ada perawatan untuk HIV yang akan membuat Anda tetap sehat. Hasil tes HIV Anda hanya dibagikan dengan petugas kesehatan yang terlibat dalam perawatan Anda.

Umumnya petugas kesehatan akan memberikan rujukan ke rencana perawatan. Jika Anda sedang hamil, Anda akan diberi perawatan untuk mencegah penularan pada bayi Anda. Selain itu, Anda juga akan terus dipantau dan diminta untuk mewaspadai infeksi tuberkulosis (TBC). Terutama bila Anda tinggal dengan orang TBC atau hendak pergi ke wilayah endemik.

Anda perlu memulai pengobatan sesegera mungkin untuk memastikan Anda tetap sehat dan untuk mengurangi peluang Anda menyebarkan HIV ke orang lain. Terapi antiretroviral atau ART dianjurkan untuk semua orang dengan HIV, tak peduli berapa lama Anda sudah terinfeksi atau seberapa sehat kondisi Anda.

ART memperlambat perkembangan HIV dan membantu melindungi sistem kekebalan tubuh Anda. Menjalani pengobatan ART secara rutin dan disiplin dapat membuat Anda tetap sehat selama bertahun-tahun serta sangat mengurangi risiko penularan HIV ke orang lain.

Hasil tes HIV yang tidak akurat

Selain tiga hasil tes di atas, ada dua hasil tes yang dikatakan tidak akurat, yaitu negatif palsu dan positif palsu.

Hasil negatif palsu adalah adanya kegagalan dalam mendeteksi antibodi atau antigen pada seseorang yang ternyata terinfeksi HIV (yaitu kekeliruan mengidentifikasi orang HIV positif sebagai HIV negatif). Ini kemungkinan besar terjadi selama periode jendela, ketika antibodi dan antigen belum bisa terdeteksi.

Sebaliknya, tes yang secara keliru mengembalikan hasil positif pada orang yang sebenarnya HIV negatif dikenal sebagai positif palsu. Ini mungkin terjadi jika antibodi non-HIV salah diidentifikasi sebagai antibodi terhadap HIV.

Risiko hasil positif dari tes tunggal pada kenyataannya bisa menjadi positif palsu, maka banyak dokter yang lebih memilih untuk mengatakan bahwa hasil tes HIV reaktif daripada positif. Dengan begitu, Anda akan diminta melakukan tes ulang guna memastikan hasilnya.

Jika Anda masih punya pertanyaan atau kekhawatiran tertentu terkait hasil tes HIV Anda, konsultasikan langsung dengan dokter yang menangani Anda.

The post Memahami Hasil Tes HIV Anda (Apakah Artinya Saya Kena HIV?) appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2Kis7qv


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar