Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Sampai Virus Flu Menular ke Orang Lain?

Bukan pemandangan asing lagi melihat salah seorang rekan kantor yang kemarin baru sakit flu, kemudian menularkan penyakit yang sama pada dua orang lainnya keesokan harinya. Terus begitu sampai pada akhirnya seisi kantor jadi ikutan sakit flu. Ya. Meski sering dipandang sebelah mata, gejala flu sangat mudah menular sehingga idealnya Anda perlu istirahat di rumah sampai benar-benar sembuh. Namun, seberapa lama waktu yang diperlukan untuk virus flu bisa menular dari satu orang ke orang lainnya? Simak ulasannya berikut ini.

Gejala flu sudah bisa menular meski orang tersebut belum sadar ia sakit flu

Virus flu paling rentan menular selama fase inkubasi, masa di antara paparan pertama sampai munculnya gejala flu. Fase inkubasi umumnya terjadi sekitar 24 jam sampai tujuh hari (satu minggu) setelah kontak pertama Anda dengan virus. Ini berarti Anda dapat terinfeksi dan mengalami gejalanya kapan saja dalam rentan masa inkubasi tersebut.

Orang dewasa bisa menularkan virus flu-nya pada orang lain dalam lima atau sepuluh hari setelah ia merasakan gejala. Jadi misalnya, Anda mulai mengalami gejala flu pada hari ketiga dalam masa inkubasi, Anda bisa menularkannya pada orang-orang di sekitar mulai dari hari itu juga sampai 10 hari setelahnya.

Selama masa ini, virus akan paling menular dalam 24 jam sampai tiga hari setelah gejala muncul. Artinya,  gejala flu Anda akan paling mudah menular dalam 4-6 hari selama masa inkubasi. Sesudahnya, tingkat kegawatan penularan flu akan semakin menurun meski risiko penularannya akan tetap sama. Sementara untuk anak-anak yang sehat akan tertular hingga dua minggu kemudian.

Terlebih, orang yang sistem imunnya sudah lemah dan terkena flu bisa menyebarkan virus influenza selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan setelah mereka sembuh dari penyakit tersebut.

Itu karena gejala flu sudah bisa menular bahkan sebelum orang yang terinfeksi merasakan gejalanya atau menyadari bahwa dirinya sudah jatuh sakit. Inilah sebabnya mengapa flu bisa memakan banyak korban setiap tahunnya.

Bagaimana virus flu menyebar?

Virus influenza menyebar lewat tetesan liur yang muncrat ketika Anda bersin, batuk, atau sekadar berbicara. Tetesan liur itu bisa melesat ke udara hingga 30 centimeter, dan akhirnya terhirup oleh orang-orang di sekitar.

Virus juga bisa menular melalui sentuhan, misalnya jabatan tangan. Orang yang terinfeksi akan terus bersin dan membersihkan hidung atau menutup hidungnya saat bersin dengan tangan. Tentunya virus akan menempel pada tangannya dan menempel pada berpindah pada setiap benda yang disentuhnya.

Bagaimana saya tahu bahwa saya terkena flu?

Gejala flu umumnya tidak terjadi secara bertahap. Seringnya, orang akan mengalami gejala secara mendadak padahal sebelumnya kondisi tubuh mereka baik-baik saja. Berikut gejala flu yang umumnya terjadi:

  • Hidung meler disertai rasa gatal
  • Terus bersin
  • Badan terasa nyeri
  • Badan terasa lemah
  • Batuk
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Mual dan muntah

Gejala flu tidak memiliki pengobatan khusus. Cukup dengan obat flu yang dijual bebas di apotek atau toko obat terdekat. Namun apabila gejala Anda terus bertambah parah dan disertai dengan kesulitan bernapas, sakit dada, dan demam yang tidak kunjung menurun, sebaiknya segera cek ke dokter.

Bagaimana mencegah agar tidak tertular flu?

Menurut Center for Disease Control and Prevetion (CDC), cukup sulit menghindari penyebaran virus flu. Pasalnya, meski orang yang sakit flu sedang dalam masa pengobatan, bukan berarti gejalanya akan berhenti menular.

Inilah mengapa vaksin flu sangat penting untuk Anda dapatkan. Jika Anda sudah divaksin, kesempatan untuk tertular flu dari orang-orang sekitar akan lebih rendah.

Cara lainnya adalah dengan sering-sering mencuci tangan dengan sabun hingga bersih, atau gunakan hand sanitizer. Menjaga kebersihan diri adalah cara yang baik untuk mencegah penularan penyakit. Selain itu, minimalisir kontak dengan orang yang sedang sakit dan minum suplemen vitamin C.

The post Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Sampai Virus Flu Menular ke Orang Lain? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2FtWjv8


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar