Apakah Efektif Pakai Minyak Biji Jarak untuk Memanjangkan Bulu Mata?

Ada banyak cara memanjangkan bulu mata yang alami. Salah satunya dengan menggunakan minyak jarak (castor oil). Bagaimana caranya, dan apakah benar efektif? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Cara memanjangkan bulu mata pakai minyak biji jarak

Berikut cara memanjangkan bulu mata secara alami pakai minyak biji jarak:

  • Bersihkan bulu mata terlebih dulu dengan kain atau kapas basah hingga bebas dari makeup dan kotoran.
  • Celupkan kapas lembut ke minyak jarak
  • Kemudian, oleskan kapas di sepanjang atas garis bulu mata. Berhati-hatilah agar minyak tidak masuk ke mata. Bilas dengan air jika minyak masuk ke mata.
  • Keesokan harinya, bersihkan bulu mata Anda dengan air.
  • Lakukan secara rutin.

Waktu terbaik untuk mengaplikasikan minyak ini pada bulu mata adalah menjelang tidur. Ini menghindari Anda dari paparan debu atau polusi di siang hari saat beraktivitas.

Jangan lupa untuk selalu merawat bulu mata dan daerah sekitarnya agar tetap bersih.

Tapi, benarkah efektif?

Biji jarak mengandung 90% asam lemak risinoleat, senyawa kimia yang digadang-gadang mampu menumbuhkan kembali rambut rontok. Beberapa penelitian meyakini bahwa manfaat biji jarak ini juga dapat tercermin pada pertumbuhan bulu mata.

Jika dibandingkan dengan perawatan kecantikan lain yang menjanjikan, minyak biji jarak dianggap lebih terjangkau dan alami. Pengunaannya pun lebih mudah dan umumnya aman. Namun, belum ada penelitian yang benar-benar mendukung bahwa minyak biji jarak bisa dijadikan cara menumbuhkan bulu mata. Terlebih, butuh kesabaran ekstra untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan minyak biji jarak

Sebelum mengaplikasikannya pada bulu mata Anda. Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah membaca label yang tertera pada kemasan minyak biji jarak. Pastikan bahwa minyak tersebut masih murni, tidak dicampur dengan minyak atau bahan lainnya yang bisa menyebabkan iritasi.

Ada dua jenis minyak biji jarak yang digunakan untuk kecantikan, yaitu:

  • Minyak jarak yang diproses melalui pendinginan, warnanya jelas dan bening
  • Minyak jarak hitam jamaika, warnanya lebih kecoklatan

Kedua jenis minyak ini mengandung sifat yang sama, sehingga manfaat yang dihasilkan untuk menumbuhkan bulu mata pun sama.

Kemudian, jangan lupa untuk melakukan uji sensitivitas mainyak biji jarak pada kulit. Sebelum menggunakannya rutin, oleskan dulu sedikit minyak pada daerah kulit dan tunggu setidaknya 24 jam. Jika tidak terjadi alergi, Anda boleh pakai minyak tersebut. Bila muncul kemerahan atau ruam, sebaiknya jangan gunakan minyak ini dan cari cara memanjangkan bulu mata lainnya.

The post Apakah Efektif Pakai Minyak Biji Jarak untuk Memanjangkan Bulu Mata? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2I45ckq


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar