4 Cara Mencegah Penyakit Perlemakan Hati Pada Wanita Dengan PCOS

Wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS), akan memiliki jadwal haid yang tidak teratur karena hormon (estrogen dan progesteron) yang tidak stabil. Tak hanya membuat waktu menstruasi tidak teratur, kondisi ini juga bisa menyebabkan penyakit perlemakan hati. Lalu, bagaimana cara mencegah perlemakan hati meski mengalami PCOS?

Apa hubungan penyakit perlemakan hati dengan PCOS?

Sebagian besar penyakit perlemakan hati terjadi akibat konsumsi alkohol yang berlebihan. Namun nyatanya, orang yang tak minum alkohol sama sekalipun, bisa mengalami kondisi ini, salah satunya wanita dengan PCOS.

Penyakit perlemakan hati yang diderita adalah perlemakan hati non alkohol (NAFLD) terjadi ketika ada penumpukan lemak di hati yang lebih dari 5-10 persen berat hati. Setidaknya ada sekitar 15 hingga 55 persen wanita dengan PCOS yang juga menderita penyakit perlemakan hati.

Nah, ternyata penyakit perlemakan hati sangat umum terjadi pada wanita yang menderita PCOS dengan beberapa faktor yang berkontribusi terhadap terjadinya penyakit perlemakan hati, seperti:

  • Penumpukan lemak visceral (lemak yang biasanya menumpuk di perut)
  • Kadar trigliserida tinggi
  • Kadar kolesterol jahat tinggi
  • Kadar kolesterol baik rendah
  • Konsumsi lemak, gula, makanan olahan yang tinggi
  • Gaya hidup tidak sehat
  • Faktor genetik

Sebuah penelitian dari World Journal of Gastroenterol menyatakan bahwa risiko terserang penyakit perlemakan hati akan semakin meningkat bila menderita PCOS memiliki faktor terbesar yang berupa obesitas dan resistensi insulin tubuh.

Bagaimana cara mencegah perlemakan hati pada wanita dengan PCOS?

Meski berisiko, sebenarnya ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah perlemakan hati pada orang yang mengalami PCOS. Dilansir dari Very Well Health beberapa cara mencegah perlemakan hati yaitu:

1. Menurunkan berat badan

Hati manusia berfungsi sebagai organ yang menyaring dan mengeluarkan racun dari tubuh. Tentunya, jika ada penumpukan lemak di hati, organ tersebut tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Nah, cara mencegah perlemakan hati adalah dengan melakukan diet menurunkan berat badan.

Menurunkan berat badan dipercaya efektif dalam mengobati maupun mencegah perlemakan hati. Pasalnya dengan cara ini kadar lemak trigliserida jadi terkendali dan tidak mengganggu kerja hormon insulin.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa wanita yang kehilangan lima persen dari total berat badannya, akan mengalami penurunan kadar lemak drastis pada hati.

2. Menerapkan pola makan sehat

Supaya Anda terhindar dari perlemakan hati, mulai sekarang terapkanlah pola makan yang sehat. Menjauhi makanan berlemak tinggi dan makanan manis bisa membantu mencegah perlemakan hati.

Sebuah penelitian dari  American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa terlalu sering minum minuman ringan bisa menyebabkan penumpukan lemak di bagian hati dan perut dalam (visceral).

Untuk itu Anda sangat dianjurkan menerapkan pola makan sehat, yaitu dengan cara:

  • Memperbanyak konsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian
  • Mengurangi konsumsi gula, garam, dan lemak jenuh
  • Menghindari minum alkohol

Diet rendah lemak dan rendah kalori juga diyakini mampu menurunkan berat badan dan mengurangi risiko lemak dalam hati. Jika dilakukan dengan baik pada Anda yang kelebihan berat badan, maka setidaknya bisa menurunkan sekitar 10 persen dari berat badan awal.

3. Rutin berolahraga

Jika Anda seorang PCOS dengan berat badan berlebih, selain melakukan penurunan badan, Anda juga dianjurkan untuk rutin melakukan olahraga. Pasalnya, bila tubuh jarang digerakan, lemak-lemak akan semakin menumpuk, termasuk pada bagian hati.

Melakukan aktivitas fisik secara teratur, misalnya dengan latihan aerobik selama dua hingga tiga kali per minggu dengan durasi 30- 60 menit tiap latihan, bisa membantu menurunkan kadar lemak dalam hati.

4. Konsumsi minyak ikan

Sebuah penelitian dari Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menyatakan bahwa penurunan kadar trigliserida dan lemak hati turun drastis saat wanita yang menderita PCOS mengonsumsi empat gram minyak ikan selama 8 minggu.

Ternyata kandungan asam lemak omega 3 yang sering ditemukan pada ikan, dipercaya ampuh untuk menurunkan kadar trigliserida dan insulin pada wanita dengan PCOS. Alternatif lainnya Anda bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan dalam jumlah yang cukup guna memenuhi kebutuhan omega 3 dalam tubuh.

The post 4 Cara Mencegah Penyakit Perlemakan Hati Pada Wanita Dengan PCOS appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2FbQjax


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar