Jangan Malas Bersihkan Kuas Makeup. Caranya Mudah, Kok!

Membedakan mana kuas foundation dan kuas concealer rasanya semudah membalikkan telapak tangan. Namun, bagaimana dengan membersihkannya? Membersihkan kuas adalah hal yang penting, karena jika Anda salah satu orang yang malas membersihkan kuas makeup, Anda harus siap-siap menanggung berbagai masalah masalah di kulit wajah Anda.

Lantas, bagaimana cara membersihkan kuas makeup? Simak tipsnya dalam artikel ini. 

Berbagai risiko jika Anda malas membersihkan kuas

Kuas dan alat dandan yang Anda beli tidak akan menunjukkan hasil yang maksimal jika kondisinya kotor dan penuh dengan noda. Membersihkan kuas memang sedikit merepotkan. Begitu banyaknya koleksi kuas, tapi waktu yang tersedia hanya terbatas. Tapi tahukah Anda, kuas yang jarang dibersihkan akan menyebabkan berbagai risiko kesehatan? Beberapa risiko kesehatan jika Anda malas membersihkan kuas makeup di antaranya:

Tidak hanya itu, kuas yang jarang dibersihkan juga bisa memperpendek usia pakai kuas tersebut. Padahal, jika dirawat dengan baik, usia kuas dapat bertahan hingga tahunan, bahkan seumur hidup, lho!

Lantas berapa kali idealnya kuas makeup dibersihkan?

Kebanyakan ahli kulit merekomendasikan untuk mencuci alat-alat makeup, seperti kuas, sikat, dan spons minimal seminggu sekali. Hal ini dilakukan untuk mencegah penumpukan kotoran yang menempel di kuas, sikat atau spons Anda. Para ahli juga menyarankan untuk membersihkan sikat atau kuas yang digunakan di sekitar mata minimal dua bulan sekali, sementara yang lainnya bisa dicuci maksimal satu bulan sekali.

Ingat, beragam alat makeup tersebut digunakan di wajah Anda, sehingga menjaga kebersihannya tentu menjadi kunci untuk menjaga kesehatan kulit wajah Anda secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, sering membersihkan kuas tidak hanya akan membantu menjaga kesehatan kulit wajah Anda saja. Pasalnya, kebiasaan baik satu ini juga membuat hasil makeup lebih rata sehingga akan memaksimalkan penampilan Anda.

Tips mudah membersihkan kuas makeup di rumah

Sebenarnya, ada banyak trik sederhana untuk hemat waktu dan tenaga ketika Anda bersih-bersih kuas makeupYang paling mudah, gunakan sampo khusus kuas. Sampo khusus kuas makeup tersedia di pasaran, tapi membersihkan kuas makeup juga bisa dilakukan dengan sampo bayi.

Caranya, semprotkan sampo setiap kali kuas selesai digunakan. Jika Anda rutin melakukan trik ini, otomatis Anda akan mempersingkat waktu mencuci kuas mingguan Anda. Namun, pembersihan kuas secara menyeluruh masih tetap harus dilakukan, karena sampo ini hanya akan membersihkan kuas makeup untuk sementara.

Beberapa bahan yang harus Anda persiapkan sebelum membersihkan kuas makeup di antaranya:

  • Mangkuk kecil
  • Sampo bayi atau sabun lembut
  • Air hangat
  • Kain lap atau handuk yang lembut, tidak banyak serabut

Nah, setelah semua bahan sudah tersedia, berikut ini langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membersihkan kuas makeup:

  • Rendam kuas dengan air hangat, kemudian bilas kuas di bawah aliran air untuk merontokkan sisa makeup kering yang menempel. Fokuslah membersihkan bulu kuas dan jangan sentuh kepala kuas karena dapat merusak bentuk kuas.
  • Isi mangkuk dengan air hangat dan sampo, kemudian aduk. Jika diperlukan, bersihkan kuas dan putar-putar pada telapak tangan hingga berbusa.
  • Bilas kuas di bawah air yang mengalir sekali lagi. Ulangi langkah kedua dan ketiga sampai air yang mengalir dari hasil pencucian kuas terlihat jernih.
  • Gunakanlah kain untuk membersihkan kuas dan bentuk kembali bulu-bulu kuas seperti sedia kala.
  • Diamkan kuas pada kain hingga kering tuntas. Setelah benar-benar kering, kuas siap digunakan kembali.

The post Jangan Malas Bersihkan Kuas Makeup. Caranya Mudah, Kok! appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2DVFDff


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar