Apa Bedanya AHA dan BHA Dalam Produk Perawatan Kulit?

Coba cek label komposisi yang tertera dalam produk scrub atau exfoliator wajah milik Anda. Apakah ada kandungan AHA-nya? Atau krim scrub wajah Anda justru mengandung BHA? Produk perawatan kulit yang berfungsi mengangkat sel kulit mati biasanya akan mengandung salah satu zat ini. Lantas, apa bedanya AHA dan BHA? Apakah manfaatnya juga berbeda? Mana yang lebih baik?

Mengulik bedanya AHA dan BHA dalam produk perawatan kulit

AHA dan BHA adalah senyawa asam yang bekerja mengelupas kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Keduanya juga bermanfaat untuk mengurangi keriput dan merangsang produksi kolagen. Baik AHA dan BHA hanya bekerja pada permukaan kulit, tidak sampai masuk hingga ke jaringan dalam kulit.

Meski sama-sama memiliki manfaat untuk kulit wajah, namun kedua senyawa ini nyatanya memiliki banyak perbedaan. Berikut ini perbedaan AHA dan BHA:

AHA

AHA (alpha hydroxy acid) lebih direkomendasikan untuk kulit yang rusak akibat sinar matahari dan kulit kering. AHA mengandung pelembap yang bekerja memerangkap kadar air dalam kulit sehingga menjadikan kulit tampak lebih lembap. Contoh senyawa AHA adalah glycolic dan asam laktat.

BHA

BHA (Beta Hydroxy Acid atau asam salisilat) tidak mengandung pelembap. Oleh karena itu, produk perawatan wajah yang mengandung BHA lebih direkomendasikan untuk mengatasi masalah kulit berminyak karena bersifat mengeringkan.

Selain itu, BHA juga mengandung agen antiradang dan antibakteri sehingga ampuh digunakan untuk kulit yang sensitif, berjerawat, dan berkomedo.

BHA juga dapat direkomendasikan untuk orang yang memiliki rosacea karena dapat mengurangi kemerahan pada wajah dan membuat wajar terlihat lebih halus. Akan tetapi, tidak semua kulit dengan rosacea bisa bereaksi baik dengan produk pengelupasan kulit. Jika Anda memiliki rosacea, disarankan untuk selalu melakukan patch test sebelum memakai produk perawatan kulit.

Bagaimana cara menggunakan AHA dan BHA?

Setelah mengetahui perbedaan AHA dan BHA, Anda pasti penasaran bagaimana cara tepat menggunakan keduanya, kan? Berikut ini panduan cara menggunakan produk AHA dan BHA:

  • AHA dan BHA biasanya sering ditemukan dalam nama lain. Bentuk lain AHA biasanya adalah glycolic acid, lactic acid, malic acid, mandelic acid, hingga citric acid. Sementara bentuk lain BHA adalah salicylic acid.
  • Beberapa orang berpendapat bahwa penggunaan BHA dan AHA secara bersamaan akan memberikan hasil yang lebih baik, namun sebenarnya tidak diperlukan. Jika ingin menggunakan BHA dan AHA secara bersamaan, sebaiknya dilakukan di waktu yang berbeda, misalnya AHA pada siang hari dan BHA pada malam hari.
  • Baik AHA dan BHA keduanya akan lebih efektif bekerja jika kondisi wajah Anda sudah dalam keadaan bersih, yaitu setelah cuci muka dan memakai toner. Kemudian tunggu sekitar 3-5 menit atau hingga kulit Anda benar-benar kering untuk memaksimalkan pengelupasan.
  • AHA dan BHA dapat digunakan di area dekat mata namun tidak boleh digunakan pada kelopak mata atau langsung di bawah mata.
  • Setelah AHA atau BHA diserap oleh kulit wajah, produk kosmetik lain seperti pelembap, serum, krim mata, sunscreen, atau foundation boleh digunakan.
  •  Jika ingin menggunakan produk resep topikal seperti renova, retinoid, atau produk topikal lainnya, gunakanlah BHA atau AHA terlebih dahulu.

The post Apa Bedanya AHA dan BHA Dalam Produk Perawatan Kulit? appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat https://ift.tt/2E1hRyu


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar