Begini Cara yang Benar untuk Menyiapkan Makanan Bayi

Setiap orangtua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Apalagi dalam hal makanan, sudah tentu Anda akan memilih bahan makanan yang kaya akan gizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi.

Namun, kebanyakan orangtua tidak begitu memedulikan proses pengolahan serta penyajian makanan bayi. Padahal hal ini sangat penting, pasalnya dalam proses tersebut bisa saja makanan terkontaminasi dan akhirnya membuat si kecil sakit.

Lalu, apa saja yang harus disiapkan dan dilakukan ketika mengolah makanan bayi? Bagaimana caranya agar makanan bayi tetap sehat dan terjaga kebersihannya?

Makanan bayi bisa jadi sarana penularan penyakit infeksi

Tahukah Anda ada banyak bakteri dan kuman penyakit yang mengintai si kecil? Penyakit infeksi sangat mudah ditularkan melalui makanan bayi, apalagi jika makanan yang dikonsumsi si kecil tidak diperhatikan kebersihannya.

Ya, meskipun Anda telah memilih bahan makanan yang terbaik untuk si kecil, hal tersebut akan sia-sia saja jika sudah terkontaminasi dengan bakteri dan kuman penyakit. Menurut World Health Organization, terdapat beberapa jenis bakteri dan virus yang biasanya mengontaminasi makanan bayi, yaitu:

  • Salmonella
  • Campylobacter
  • Shigella
  • E.coli
  • Notovirus

Jika bakteri dan virus tersebut ada di dalam makanan bayi, maka sangat mungkin si kecil mengalami infeksi saluran cerna yang mengakibatkannya mengalami diare. Penyakit infeksi bisa cukup membahayakan kesehatan si kecil, karena itu sebaiknya hindari berbagai hal yang dapat menyebabkan timbulnya infeksi.

tren parenting pro kontra

Apa saja yang harus diperhatikan dalam pengolahan makanan bayi?

Setelah memilih jenis makanan yang bernutrisi tinggi untuk si kecil, sekarang saatnya mengolah serta menyajikannya. Dalam proses ini, Anda tak bisa sembarangan dan asal-asalan, pasalnya mungkin saja bayi terserang penyakit infeksi akibat tidak benar dalam mengolah makanan bayi.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mengolah makanan si kecil, yaitu:

  • Selalu cuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir sebelum mengolah dan menyiapkan makanan si kecil.
  • Jika Anda ingin mencairkan makanan beku, seperti daging mentah, maka sebaiknya cairkan dalam wadah yang tertutup dan biarkan bahan makanan tersebut mencair di dalam lemari es bawah.
  • Jangan menyimpan makanan yang sudah dimakan oleh si kecil sebelumnya. Jadi, sebaiknya berikan porsi yang sesuai dengan kemampuan si kecil.
  • Cuci dan kupas semua buah dan sayuran, seperti misalnya apel dan wortel.
  • Masak semua bahan makanan sampai matang. Jangan berikan si kecil makanan yang mentah, apalagi lauk yang masih mentah atau setengah matang, seperti telur dan daging. Biasanya, makanan yang belum matang masih mengandung bakteri yang cukup banyak.
  • Berikan si kecil susu sapi yang telah dipasteurisasi, jangan berikan susu sapi yang belum disterilkan.
  • Membiasakan si kecil untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Apakah saya boleh menghangatkan kembali makanan bayi?

Banyak ibu yang ragu dan takut untuk menghangatkan kembali makanan yang belum habis. Akan tetapi, sangat sayang jika harus dibuang.

Sebenarnya tidak apa-apa jika Anda ingin menyimpan dan menghangatkannya kembali di lain waktu. Namun, ada beberapa tips yang sebaiknya dilakukan agar makanan bayi tetap aman dan sehat, yaitu:

  • Jangan menyimpan makanan terlalu lama, maksimal makanan disimpan 2 hari di dalam kulkas.
  • Makanan beku sebaiknya dicairkan dulu sebelum dipanaskan. Pastikan jika sudah tidak ada lagi es yang menempel pada makanan yang akan dihangatkan.
  • Jangan memanaskan makanan lebih dari satu kali.

Sebelum memberikan makanan yang baru saja dihangatkan pada si kecil, sebaiknya pastikan dulu apakah suhunya sudah cukup dingin. Anda bisa mengaduk-aduk makanan tersebut dengan pelan untuk menurunkan suhunya.

The post Begini Cara yang Benar untuk Menyiapkan Makanan Bayi appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2FfZWXe


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar