5 Makanan Penyelamat Saat Anda Ngidam Makanan Manis

Ngidam makanan manis memang sering tiba-tiba dirasakan, terutama di kalangan wanita. Faktanya, sampai 97 persen wanita dan 68 persen pria melaporkan mengalami ngidam makan makanan tertentu, termasuk ngidam makanan manis.

Ngidam muncul ketika seseorang merasakan dorongan ingin makan yang kuat. Kadang bisa makanan dengan cita rasa manis, asin, pedas, asam, dan lainnya. Hal ini bisa membuat Anda jadi makan berlebihan dan sulit mengendalikan diri. Lalu bagaimana caranya agar tidak ngidam makanan manis secara berlebihan? 

Makanan penyelamat saat Anda ngidam makanan manis

Makanan manis umumnya mengandung gula, yang bila terlalu banyak dikonsumsi tidak baik untuk kesehatan. Baik gula sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang ditambahkan dalam makanan bisa membuat Anda ingin makan terus dan terus. Kebanyakan makanan manis juga bisa bikin gula darah naik. Ini tentunya bikin tubuh jadi tidak sehat.

Namun, ada beberapa makanan lain yang bisa mengalihkan rasa ngidam Anda ini tanpa membuat tubuh jadi kelebihan banyak gula. Berikut makanan yang bisa mengalihkan Anda dari ngidam makanan manis:

1. Buah

Kebanyakan orang ngidam makanan manis seperti es krim, martabak, kue-kue basah, ataupun permen tertentu. Kebanyakan makan makanan tersebut bisa membuat berat badan bertambah dan gula darah di dalam tubuh meningkat. Anda bisa mengganti keinginan ngidam ini dengan makan buah, lho.

Meskipun tidak semanis cokelat atau cupcake, buah bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Di mana ini memungkinkan Anda untuk tetap sehat juga walau sedang ngidam. Coba makan buah mangga atau anggur, yang mana mengandung sedikit gula jika dikonsumsi.

Bila masih merasa lapar dan hasrat makan manisnya belum terpenuhi juga, coba tambahkan yoghurt rendah lemak dan buah-buahan ke dalam asupan makanan Anda.

2. Dark chocolate

Cokelat adalah salah satu makanan yang paling sering didambakan lidah dan perut orang-orang, terlebih pada wanita. Seperti yang telah disinggung di atas, makan cokelat kebanyakan bisa menimbun gula pada tubuh. Alternatifnya, Anda bisa mengonsumsi dark chocolate atau cokelat hitam untuk memendam hasrat ngidam Anda.

Cokelat hitam mengandung lebih dari 70 persen cokelat asli. Cokelat hitam ini juga mengandung senyawa sehat yang dikenal dengan nama polifenol. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa efek antioksidan dan antiradang dari polifenol ini dapat membantu memperbaiki kesehatan jantung. Memang jenis cokelat ini tidak semanis permen cokelat pada umumnya, tapi bisa membantu Anda menahan ngidam.

3. Selai kacang

Mengonsumsi protein adalah cara terbaik untuk mengurangi hasrat makanan manis. Ini karena protein mampu menstabilkan kadar gula darah Anda. Kacang-kacangan pada umumnya mengandung protein dan lemak sehat di dalamnya. Selain bisa mengalihkan keinginan makan makanan yang manis-manis, kacang juga mengandung sulfur yang baik untuk tubuh.

4. Smoothies

Hasrat makan makanan manis Anda bisa digantikan dengan minum smoothie. Smoothie yang terbuat dari kombinasi buah-buahan manis seperti stroberi, kiwi, dan mangga tentu bisa memuaskan selera lidah. Jangan lupa juga tambahkan yoghurt guna menambah nutrisi seperti kalsium dan protein.

5. Telur

Telur adalah makanan protein tinggi lain yang dapat membantu menjaga nafsu makan dan keinginan Anda tetap terjaga. Hal ini bisa menjadi salah satu makanan alternatif untuk mengalihkan keinginan makan makanan  manis.

Beberapa fakta penelitian juga telah menunjukkan bahwa sarapan tinggi protein seperti telur dapat mengurangi rasa lapar dan membantu orang makan lebih sedikit hari itu.

Hal ini mungkin terjadi karena sarapan dengan protein tinggi bisa menekan hormon ghrelin yang membuat Anda suka merasa lapar. Serta makan telur bisa membuat hormon peptide dan peptide glucagon memicu tubuh menimbulkan rasa kenyang lebih lama.

The post 5 Makanan Penyelamat Saat Anda Ngidam Makanan Manis appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2EZRjSN


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar