4 Pantangan yang Harus Dipatuhi Oleh Orang Penderita Kudis

Kudis atau scabies adalah penyakit kulit yang menyebabkan rasa gatal dan sangat mudah menular di kulit Anda. Biasanya jika ada satu anggota kelurga yang memiliki kudis, maka kemungkinan besar anggota keluarga lainnya pun akan mengalami hal yang sama. Oleh karena itu, orang dengan kudis sebaiknya menghindari beberapa hal yang dapat memicu kudis semakin parah. Berikut beberapa pantangan untuk kudis.

 

Pantangan untuk kudis yang harus dipatuhi agar infeksinya tidak menular

Belum ada penelitian medis yang membahas pantangan untuk kudis, seperti makanan yang harus dihindari pasien kudis. Namun bila Anda sudah memiliki kudis, ada beberapa pantangan yang perlu Anda patuhi guna mencegah infeksinya semakin parah.

1. Hindari makanan pemicu reaksi alergi

Makanan memang bukan penyebab dari penyakit kudis. Maka, Anda sebenarnya bisa mengonsumsi makanan apa saja, selama itu tidak menimbulkan reaksi alergi. Umumnya, reaksi alergi akan menyebabkan rasa gatal parah pada kulit yang mengalami kudis. Untuk itu, mungkin Anda perlu menghindari beberapa makanan pemicu alergi umum yang bisa meningkatkan gejala gatal kudis, antara lain:

  • Susu dan produk susu seperti keju dan mentega
  • Kacang-kacangan
  • Telur
  • Makanan laut seperti kerang, udang, ikan dan lainnya
  • Makanan tinggi gula
  • Makanan berlemak

2. Hindari makanan yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh

Risiko kudis akan meningkat bila sistem kekebalan tubuh Anda menurun. Sistem Sistem kekebalan tubuh Anda bertanggung jawab untuk mempertahankan tubuh dari organisme patogen, termasuk tungau kudis.

Ketika tubuh mengenali adanya bahaya, sistem kekebalan tubuh akan merespon dengan melepaskan sel darah putih dan senyawa kimia lainnya ke dalam darah untuk melindungi sel dan jaringan tubuh yang terancam.

Hindari konsumsi makanan yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda seperti makanan yang kaya akan lemak jenuh, termasuk konsumsi terlalu banyak garam dan gula.

Untuk mempertahankan fungsi kekebalan tubuh ini, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan yang bergizi. Perbanyaklah konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan vitamin C dan E.

3. Hindari menggaruk kulit yang gatal

Menggaruk bagian tubuh yang gatal pastinya akan memberi kepuasan saat gatal menyerang. Namun, dengan menggaruknya akan menimbulkan masalah baru, yakni kulit bisa iritasi.

Menggaruk bagian tubuh yang gatal hanya menjadi “obat” sementara, dan tidak membantu proses penyembuhan sama sekali. Justru menggaruk akan membuat goresan baru di kulit yang akan tambah bikin gatal.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari menggaruk kulit. Goresan-goresan yang muncul saat Anda menggaruk bisa membuka celah untuk bakteri masuk, infeksi pun terjadi. Masuknya bakteri baru pada kulit ini menjadi cikal bakal komplikasi gatal yang bisa semakin parah.

4. Selalu mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter

Kudis dapat diobati dengan krim atau losion khusus yang diberikan dokter. Produk pengobatan tersebut mengandung permethrin atau kandungan lainnya. Pada kasus yang parah, dokter juga dapat memberikan pil.

Beberapa obat kudis tidak aman untuk anak-anak, lansia, serta wanita yang sedang hamil atau menyusui. Untuk mencegah efek samping yang berbahaya, pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter dengan benar.

Selalu konsultasi dengan dokter mengenai obat yang sedang Anda konsumsi. Tanyakan pada dokter Anda apakah obat yang sedang Anda konsumsi boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat kudis.

The post 4 Pantangan yang Harus Dipatuhi Oleh Orang Penderita Kudis appeared first on Hello Sehat.



from Hello Sehat http://ift.tt/2ocRmRF


tonton juga video ini
Daftar Unik Skandal Sera Amane
Daftar Unik 5 peraturan sekolah

Komentar